Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 23:09 WIB | Jumat, 20 September 2013

Piala AFF U-19: Indonesia Jumpa Vietnam pada Partai Puncak

Piala AFF U-19: Indonesia Jumpa Vietnam pada Partai Puncak
Logo Asean Football Federation (foto: aseanfootball.org)
Piala AFF U-19: Indonesia Jumpa Vietnam pada Partai Puncak
Indonesia U-19 (foto: beritajatim.com)

SIDOARJO, SATUHARAPAN.COM – Indonesia tampil tanpa ragu-ragu dan penuh percaya diri menghadapi Timor Leste pada partai semi final turnamen Piala AFF usia di bawah 19 tahun (U-19) sehingga mereka dapat mengalahkan Timor Leste 2-0, pada pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jumat (20/9), dengan hasil ini Indonesia U-19 melaju ke pertandingan final.

Peluang pertama Indonesia terjadi menit kedelapan lewat gelandang, Ilham Udin Armaiyn, amat disayangkan karena bola sundulan Ilham memanfaatkan tendangan penjuru kapten kesebelasan, Evan Dimas masih melebar. Indonesia akhirnya mencetak angka pada menit ke-10. Berawal dari pergerakan individu, pemain belakang, Muchlis Hadi Ning Syaifulloh yang mengoper bola kepada Ilham. Dengan cerdik Ilham menempatkan bola di pojok kiri bawah gawang Timor Leste, gol terjadi dan Indonesia unggul 1-0.

Timor hampir saja mencetak gol balasan dua menit kemudian, akan tetapi bola hasil tendangan bebas tendangan bebas Nataniel De Jesus Reis masih tipis di kiri gawang Ravi Murdianto. Semenit berselang giliran gelandang Indonesia, Evan Dimas melepaskan tembakan. Meski kiper Timor, Fagio Agusto Pereira, berhasil menepis tetapi hanya menghasilkan tendangan penjuru bagi Indonesia.

Menit ke-27, giliran Zulfiandi yang melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Kali ini kiper Fagio Agusto masih mampu menangkap bola. Lebih dari setengah jam pertandingan bergulir tap Indonesia tak mampu menambah angka. Meski menguasai lini tengah, Evan Dimas cs tak mampu menembus kotak penalti Timor Leste.

Kiper Ravi melakukan penyelamatan saat memotong crossing Jorge Mauel Alves menit ke-36. Menit ke-36, Hargianto melakukan percobaan untuk kali kedua. Akan tetapi ia masih belum beruntung karena bola terlalu tinggi di atas mistar.

Pertandingan di babak pertama yang praktis didominasi Indonesia kembali berlanjut di babak kedua, Umpan terobosan dilepaskan Muchlis ke arah gelandang Indonesia lainnya, Zulfiandi menit ke-52. Tapi bola masih dapat diamankan kiper.

Indonesia memastikan kemenangan menjadi 2-0, setelah Hargianto menjebol gawang Timor Leste menit ke-61. Bola yang bergulir kencang dari tendangan Hargi dari dalam kotak penalti, tak mampu ditepis kiper Timor, Fagio Agusto, skor bertahan 2-0 hingga akhir pertandingan. Nantinya pada Minggu (22/9) Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam, yang pada pertandingan semi final lainnya yang dilangsungkan saat bersamaan di Stadion Petrokimia, Gresik mengalahkan Laos 1-0

Satu-satunya gol Vietnam dihasilkan pada menit ke-74. Nguyen Cong Phuong berhasil melewati beberapa pemain belakang Laos, sehingga pemain bernomor punggung 10 ini menjebol gawang lawan yang mengubah papan skor menjadi 1-0, hingga akhir pertandingan.

Sebelum pertandingan Indonesia menghadapi Timor Leste, Eddy Prasetya selaku panitia pelaksana pertandingan mengatakan kepada para pendukung tim Indonesia yang telah hadir di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo untuk bersabar karena pertandingan akan diundur, awalnya pertandingan akan digelar pada pukul 16.00 tetapi diundur hingga pukul 20.00.

"Ya, pertandingan akan digelar pada pukul 20.00 WIB,” kata Eddy. Eddy memaparkan bahwa keputusan ini telah dirundingkan dan disetujui seluruh pihak, meliputi Timor Leste dan pemegang hak siaran laga ini. (goal.com/beritajatim.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home