Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 10:14 WIB | Kamis, 19 September 2013

Sepakbola Piala AFF U-19: Indonesia Bakal Bertemu Timor Leste di Semifinal

Sepakbola Piala AFF U-19: Indonesia Bakal Bertemu Timor Leste di Semifinal
ilustrasi tim nasional Indonesia (foto: pssi.or.id)
Sepakbola Piala AFF U-19: Indonesia Bakal Bertemu Timor Leste di Semifinal

SIDOARJO, SATUHARAPAN.COM – Indonesia pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B turnamen Sepakbola Piala AFF usia di bawah 19 tahun (U-19) harus puas ditahan Imbang Malaysia 1-1, pada pertandingan yang berlangsung Rabu (18/9), di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Pada laga yang dihelat di Gelora Delta Sidoarjo, Rabu (18/9) malam WIB, Indonesia sejak menit awal sudah menyerang pertahanan Malaysia. Tapi tak satupun peluang yang berbuah gol.

Kecerobohan lini belakang Indonesia dimanfaatkan Malaysia tatkala menit ke-19 ketika Muhammad Jafri mencuri bola dari pemain belakang Indonesia, M Sahrul Kurniawan dan langsung melesat ke kotak penalti dan kemudian dia memutuskan menendang bola yang bersarang di gawang Indonesia yang dikawal penjaga gawang, Ravi Murdianto. Hingga babak pertama berakhir tak ada lagi gol tercipta.

Indonesia patut berterima kasih kepada Ilham Udin, yang berhasil menyarangkan bola ke belakang gawang Malaysia pada menit ke-52 sehingga gol tersebut menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Peluang emas di menit 78 bagi Indonesia, ketika gelandang Hargianto tinggal berhadapan dengan kiper. Sayang bola hasil tendangan cungkilnya masih melebar dari gawang.

Indonesia vs Timor Leste

Skor 1-1 bertahan hingga laga usai dan Indonesia lolos ke semifinal usai menuntaskan babak penyisihan dan berada pada peringkat kedua Grup B dengan 10 poin dari lima laga dan akan bertemu Timor Leste pada semifinal. 

Sementara itu di Grup A yang berlangsung sehari sebelumnya, Filipina takluk 1-2 dari Timor Leste, kemenangan itu membuat Timor Leste yang mengumpulkan nilai sepuluh menyalip Laos dengan keunggulan satu poin.

Hasil ini membuat Timor Leste menyalip perolehan angka Laos yang sebelumnya menduduki puncak klasemen. Dengan perolehan 10 angka, Timor Leste akan menghadapi Indonesia pada pertandingan semi final yang akan digelar pada Jumat (20/9) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, sementara itu semi final lain akan mempertandingkan Laos sebagai peringkat kedua grup A, akan menghadapi juara grup B, Vietnam akan berlangsung pada hari yang sama.

Seusai pertandingan, pelatih Indonesia, Indra Sjafrie puas dengan permainan Indonesia dan menyebut bahwa penampilan itu merupakan performa asli dari tim yang dia latih.

"Inilah permainan anak-anak yang sebenarnya. Hasil statistik, pemain terus mengalami peningkatan. Hal itu terlihat jelas pada permainan hari ini," ungkap Indra.

Walau pada babak pertama pemain asuhannya kebanyakan terlalu individual, akan tetapi akan dicermati lagi untuk semifinal nantinya.

“Permainan di babak pertama terlalu individu. Seharusnya permainan itu seperti yang dimainkan di babak kedua. Ini juga menjadi bahan evaluasi kami,” tambahnya.

Susunan pemain:

Indonesia: Ravi Murdianto (gk), Muadi Fahri Albaar, Putu Gede, M Sharul Kurniawan, Dimas Soemantri, Hargianto, Zulfiandi, Evan Dimas (c), Ilham Udin, Armaiyn, Hendra Sandi, Dinan Yahdian.

Malaysia: Hazmi, Amurilhisyam, Irfan, Thanabalan, Faris Shah, Nur Shamie, Shafiq, Fauzan, Fadzilah, Dam Noor, Jafri. (beritajatim.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home