Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 00:29 WIB | Sabtu, 21 September 2013

Sepakbola Piala Menpora: Central Coast Marine Hajar Sriwijaya FC

Sepakbola Piala Menpora: Central Coast Marine Hajar Sriwijaya FC
ilustrasi Central Coast Mariners (foto: news.com.au)
Sepakbola Piala Menpora: Central Coast Marine Hajar Sriwijaya FC
wallpaper tim Sriwijaya FC (foto: beritasriwijayafc.co.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Sriwijaya FC, klub sepakbola anggota Liga Super Indonesia asal Palembang, Sumatera Selatan yang menyelesaikan pada peringkat ke-6 kompetisi 2013 ini tunduk kesebelasan Central Coast Marine, klub sepakbola negeri kangguru Australia 0-2 pada laga pembukaan Piala Menpora Grup A, pertandingan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Jumat (20/9) siang.

Sebagian pemain Sriwijaya FC (SFC) merupakan pemain berusia di bawah 21 tahun (U-21), sementara itu Central Coast Marine (CCM) diisi pemain-pemain inti mereka yang berlaga di A-League (kompetisi sepakbola Liga Sepakbola Australia)  

CCM pada awal pertandingan sempat keteteran dengan SFC, karena sebagian besar pemain CCM harus beradaptasi dengan cuaca Indonesia yang cukup terik di stadion Jalak Harupat. Keuntungan ini gagal dimanfaatkan SFC untuk mencuri gol, bahkan CCM mampu mengancam lebih dulu di menit ke-7 lewat gelandang Marcos Flores, bola umpan silang Flores mampu disambar penyerang CCM,  Josh Rose, tapi penjaga gawang SFC berusia 20 tahun, Teja Paku Alam secara sigap menepis tendangan Rosh.

Penyerang SFC berkewarganegaraan Kamerun, Herman Dzumafo hanya mampu mendapatkan bola sesekali, ia kerap sendirian di depan tanpa asupan yang baik dari lini kedua SFC. Gol pertama bagi CMM akhirnya datang, di menit ke-36, hasil tendangan Mathew Simon. Tendangan kencang dari sisi kanan merobek gawang SFC yang dikawal Teja Paku Alam.

Semenit kemudian penyerang SFC, Dzumafo sempat memberi ancaman serius, setelah melewati dua bek CCM, Rose dan Seip di kotak pinalti CCM, bola tendangannya kencangnya dibelokkan dengan baik oleh penjaga gawang CCM, Pasfield.

Gelandang SFC, Eddie Boakay tampil lebih ekspresif di babak kedua, berulang kali ia mampu menembus masuk ke daerah lawan, tapi komunikasi di lini ketiga masih buruk sehingga SFC belum mampu mencetak angka hingga menit ke-70.

Gelandang CCM, Fitzgerald yang baru saja masuk mampu menciptakan gol memanfaatkan antisipasi yang kurang sempurna dari Teja Paku. CCM memimpin 2-0 di menit ke-80, yang bertahan hingga pertandingan berakhir.

Piala Menpora merupakan turnamen yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk menyemarakkan dan memacu prestasi dan reputasi sepakbola Indonesia pada skala internasional, delapan tim tercatat mengikuti kejuaraan ini, masing-masing Persib Bandung, Sriwijaya FC, Timnas Malaysia U-23 dan Central Coast Marines (Grup A), serta empat tim lain dalam Grup B yang bertanding di Malang, Jatim  masing-masing Arema Indonesia, Persepam Madura, Mitra Kukar dan Loyola Meralco Sparks dari Filipina.  

Turnamen ini milik bersama seluruh rakyat Indonesia, bukan milik Menpora, kata menpora. "Saya harap turnamen ini berjalan lancar dan bisa menjadi kebanggan warga Indonesia," katanya.

Susunan Pemain

Central Coast: Pasfield, Rose, Seip (75' Zac) , Sainsbury, Roux (73' Morton), Hutchinson (78' Caceres), Montgomery, Sterjovski, Flores, Duke (69' Fitzgerald), Simon ('62 McGlinchey).

Sriwijaya: Teja Paku, Dakar, Patrick, Kam Dem Meya, M. Hamzah, Ponaryo, Iksan, Eddie Boakay (80' Alan Martha), Novri Setiawan, Rivan N (29' Rizsky), Herman Djumafo. (goal.com/ kemenpora.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home