Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:41 WIB | Sabtu, 29 Maret 2014

Piala Dunia 2014: Inggris Tanpa Prestasi Sejak 1966

Piala Dunia 2014: Inggris Tanpa Prestasi Sejak 1966
Tim nasional Inggris, mencoba mengukir kejayaan seperti 48 tahun silam, 1966. (Foto: thefa.com)
Piala Dunia 2014: Inggris Tanpa Prestasi Sejak 1966
Roy Hodgson akan membawa timnas Inggris mengarung Piala Dunia 2014, di Brasil. (Foto: thefa.com)
Piala Dunia 2014: Inggris Tanpa Prestasi Sejak 1966
Steven Gerrard akan memimpin rekan-rekannya menghadapi setiap penghadang mereka untuk mengulang prestasi 48 tahun silam. (Foto: thefa.com)
Piala Dunia 2014: Inggris Tanpa Prestasi Sejak 1966
Sturridge (kanan) dan Rooney diharap dapat bahu membahu dalam menciptakan gol bagi timnas Inggris di Brasil nanti. (Foto: telegraph.co.uk)
Piala Dunia 2014: Inggris Tanpa Prestasi Sejak 1966
Inggris akan tergabung di grup D bersama Uruguay, Kosta Rika, dan Italia. (Foto: fifa.com)

SATUHARAPAN.COM – Negara yang sering dicap memiliki liga sepak bola terbaik dunia, Inggris, mempunyai catatan buruk kala tampil di turnamen sepak bola, baik itu piala dunia maupun piala eropa. Selama 48 tahun, tim nasional (timnas) senior Inggris tidak mampu menghadirkan trofi atau gelar juara di lemarinya. Prestasi Inggris terakhir kali terukir saat menjuarai Piala Dunia 1966, yang diselenggarakan di rumah mereka sendiri.

Pada 1966, Inggris meraih gelar juara dunianya setelah berhadapan dengan Jerman Barat di partai puncak. Bermain hingga 120 menit, Inggris mampu menjungkalkan Jerman Barat dengan skor 4-2, usai Geoff Hurst mencatatkan namanya di papan skor, dua kali di babak tambahan (menit 101 dan 120).

Dalam rekaman sejarah, prestasi terbaik Inggris usai menjadi juara dunia 1966 adalah menyentuh babak Semi Final Piala Eropa 1996, juga diselenggarakan di tanah mereka sendiri.

Selanjutnya, mereka hanya mampu “mondar-mandir” di babak perempat final dan penyisihan grup kala bersua di sebuah turnamen sepak bola. Padahal, Inggris seringkali menjadi unggulan karena kehebatan bintang-bintang yang mengisi skuad mereka.

Tantangan Roy Hodgson

Roy Hodgson, sosok pria kelahiran Croydon, 9 Agustus 1947 ini menjadi pelatih timnas Inggris sejak 2012. Ia menggantikan pelatih sementara timnas Inggris, Stuart Pearce, untuk membawa timnas Inggris tampil di Piala Eropa 2012.

Saat bertugas membawa Inggris berlaga di Piala Eropa 2012, Hodgson mendapat cemoohan dari pendukung The Three Lions (julukan timnas inggris) karena membawa empat pemain Liverpool, klub Liga Inggris yang tengah dalam performa buruk.

Hasilnya, Inggris gugur di babak perempat final, usai takluk dari Italia lewat drama adu penalti.

Pada 2014, pelatih timnas Inggris ke 17 atau ke 15 dengan kewarganegaraan Inggris ini, ditantang untuk menghadirkan prestasi yang hilang selama 48 tahun. Dalam pemilihan pemain, Hodgson juga mendapat tantangan, agar kejadian seperti Piala Eropa 2012 tidak kembali terulang.

Gerrard Pimpin Pasukan

Steven Gerrard akan kembali memimpin pasukan The Three Lions di Piala Dunia 2014 ini. Ia telah menjadi kapten Inggris sejak Piala Eropa 2012, sebelumnya timnas Inggris dipimpin oleh bek tengah andalan Manchester United, Rio Ferdinand, pada Piala Dunia 2010.

Sebagai kapten di Piala Eropa 2012 Polandia dan Ukraina, Steven Gerard berhasil tampil gemilang dan mencatatkan tiga buah assist dari empat penampilannya.

Sepanjang karirnya, Gerrad merupakan salah satu pemain yang loyal membela satu tim, yakni Liverpool. Gerrard berada di Liverpool sejak membela tim junior klub ini, pada 1987. Lalu, saat Liverpool diarsiteki Roy Evans, pada 1998, namanya di panggil untuk mengisi skuad Liverpool.

Kondisi Terkini Inggris

Menjelang Piala Dunia 2014 bergulir di Brasil, Inggris telah melakoni beberapa laga uji coba, terakhir mereka menghadapi Denmark dan sukses memetik kemenangan 1-0, lewat gol Daniel Sturridge di menit 82.

Namun, hasil dua laga uji coba serta tiga pertandingan terakhir Inggris dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa menggambarkan belum stabil dan siapnya tim ini berlaga di Brasil mulai Juni mendatang.

Di lima laga terakhinya, Inggris memetik empat kemanangan dengan margin tipis, kecuali laga menghadapi Montenegro, dan satu hasil imbang.

Lima Laga Terakhir Timnas Inggris

Uji Coba                6/3         Inggris Vs Denmark         : 1-0

Uji Coba               19/11      Inggris Vs Jerman            : 1-1

PPD                     6/10        Inggris Vs Polandia          : 2-0

PPD                    12/10       Inggris Vs Montenegro      : 4-1

PPD                     11/9        Ukraina Vs Inggris            : 0-0

*PPD : Pra Piala Dunia

Prakiraan Skuad Timnas Inggris Piala Dunia 2014

Penjaga Gawang: Joe Hart (Manchester City), John Ruddy (Norwich City), Ben Foster (West Bromwich Albion)

Bek: Glen Johnson (Liverpool), Kyle Walker (Tottenham Hotspur), Ashley Cole (Chelsea), Gary Cahill (Chelsea), Phil Jones (Manchester United), Leighton Baines (Everton), Phil Jagielka (Everton), Chris Smalling (Manchester United)

Gelandang: Frank Lampard (Chelsea), James Milner (Manchester City), Tom Cleverley (Manchester United), Jack Wilshere (Arsenal), Raheem Sterling (Liverpool), Jordan Henderson (Liverpool), Steven Gerrard (Liverpool), Michael Carrick (Manchester United)

Penyerang: Wayne Rooney (Manchester United), Danny Welbeck (Manchester United), Daniel Sturridge (Liverpool), Alex Oxlade-Chamberlain (Arsenal)

Pelatih: Roy Hodgson (Inggris) (fifa.com/thefa.com.goal.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home