Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 17:27 WIB | Sabtu, 03 Juli 2021

Piala Eropa: Inggris Lawan Ukraina di Perempat Final

Bagi Inggris pertandingan di Roma akan miskin suporter, tapi bagi Ukraina seperti pulang ke rumah.
Piala Eropa: Inggris Lawan Ukraina di Perempat Final
Pemain Ukraina, Artem Dovbyk, kanan, mencetak gol kedua timnya selama pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Swedia dan Ukraina di Stadion Hampden Park di Glasgow, hari Selasa (29/6). (Foto: dok. Petr David Josek/pool via AP)
Piala Eropa: Inggris Lawan Ukraina di Perempat Final
Pemain Inggris, Harry McGuire, Jordan Pickford, John Stones dan Harry Kane, dari kiri, tiba untuk sesi latihan di St George's Park, Burton upon Trent, Inggris, hari (30/6) saat tim bersiap untuk pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 melawan Ukraina. (Foto: Nick Potts/PA via AP)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Setelah mengalahkan rival bersejarahnya Jerman di babak 16 besar Piala Eropa, menghadapi Ukraina mungkin tampak seperti pertarungan yang lebih mudah bagi tim Inggris.

Namun demikian, pertandingan perempat final hari Minggu (4/7) pukul 02:00 dini hari WIB di Stadio Olimpico, Roma, Italia, itu bisa jadi ujian terberat bagi Inggris di Kejuaraan Eropa.

Itu karena itu adalah satu-satunya pertandingan Euro 2020 yang harus dimainkan Inggris berada jauh dari para pendukungnya, seperti halnya di Stadion Wembley.

Yang membuat masalah menjadi lebih rumit adalah bahwa pemerintah Italia telah secara eksplisit memperingatkan penggemar tim Inggris yang berbasis di Inggris untuk menjauh dari permainan, kecuali mereka dapat membuktikan bahwa mereka telah menjalani karantina selama lima hari sejak tiba di Italia.

Untuk tim seperti Inggris yang dikenal dengan suporter kelilingnya, itu merupakan pukulan besar. “Kami harus menciptakan atmosfer kami sendiri pada hari Sabtu (waktu setempat) di Roma, yang mampu kami lakukan,” kata penjaga gawang Inggris, Jordan Pickford, yang mencatatkan empat clean sheet di turnamen tersebut.

“Para penggemar luar biasa malam itu dan juga sepanjang babak penyisihan di grup. Saya pikir itu memberi kami motivasi tambahan untuk pertandingan pada hari Sabtu (waktu setempat) untuk kembali ke semifinal dengan 60.000 pendukung.”

Pemenang antara Ukraina dan Inggris akan bermain melawan Denmark atau Republik Ceko di semifinal pada hari Rabu di Wembley, dengan final juga dijadwalkan di stadion kandang di Inggris.

Sebuah Kepulangan bagi Ukraina

Bagi staf pelatih Ukraina, bermain di Italia adalah sebuah kepulangan. Pelatih kepala, Andriy Shevchenko, adalah salah satu pencetak gol terbanyak Serie A selama karir bermainnya bersama AC Milan. Sementara asisten pelatih Mauro Tassotti berasal dari Roma, dan memulai karir bermainnya di Stadio Olimpico bersama Lazio sebelum melanjutkan karir yang panjang dan sukses di Milan sebagai pemain maupun asisten pelatih.

“Jika Italia mendukung kami, karena kami adalah tim yang lebih lemah, itu tidak masalah,” kata Tassotti. “Saya benar-benar berharap para penggemar memberi kami dukungan besar.”

Namun, Tassotti mengakui bahwa mengalahkan Inggris adalah “tantangan besar.”

“Kami telah melihat apa yang terjadi selama beberapa hari terakhir dengan Belanda dan Prancis,” kata Tassotti kepada Gazzetta dello Sport. “Inggris memiliki talenta yang sangat besar, tetapi mereka juga memiliki keuntungan, seperti negara lain, bermain di rumah.”

Mengharapkan pendekatan kuno Italia "catenaccio" (pertahanan terkunci) dan pendekatan serangan balik dari Ukraina untuk menghadapi striker Inggris berbakat, Raheem Sterling dan Harry Kane, yang menyumbang gol dalam kemenangan 2-0 atas Jerman.

Tassotti mengatakan taktiknya adalah "menahan" Inggris, "menutup ruang," dan "mencegah mereka berlari."

“Itu adalah jenis pertandingan yang tidak mereka sukai. Mereka punya bakat, tetapi kami harus mencoba memaksa mereka untuk berpikir sebanyak mungkin dan baru kemudian memanfaatkan bakat kami,” tambah Tassotti. “Jika kami pikir kami bisa memainkan mereka secara langsung mengingat semua bakat yang mereka miliki, kami tidak akan melangkah terlalu jauh.”

Perempat Final Pertama

Jika Ukraina bisa masuk ke babak lawan, serangan harus mengalir melalui Andriy Yarmolenko, yang bermain di Inggris untuk West Ham. Begitu juga dengan Oleksandr Zinchenko yang menjadi rekan setim Sterling di Manchester City.

Setelah nyaris lolos dari fase grup, itu akan menjadi pertandingan perempat final Kejuaraan Eropa pertama Ukraina.

Inggris ingin menyamai performanya dari Piala Dunia 2018, ketika mencapai semifinal. Terakhir kali Inggris lolos ke babak empat besar Piala Eropa adalah pada tahun 1996.

Tetapi tujuan yang lebih besar bagi Inggris saat ini adalah menduplikasi kesuksesan tim 1966 yang memenangkan Piala Dunia dan mengangkat trofi di kandang sendiri.

“Kami hanya perlu berada di permainan A kami,” kata Pickford. “Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Setiap pertandingan sulit, jadi kami akan siap.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home