Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:20 WIB | Sabtu, 31 Agustus 2013

Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4

Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Para pemain Bayern Munchen bersukacita setelah memenangkan Piala Super Eropa 2013-2014. (foto-foto: uefa.com dan fcbayern.telekom.de)
Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Para pemain Munchen memeluk penjaga gawang Manuel Neuer, kaus kuning, yang menentukan kemenang Munchen.
Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Franck Ribery (Munchen,kaos merah) dikawal ketat Lukaku (Chelsea, kaus biru).
Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Franck Ribery melepaskan tendangan pada menit ke-47 berbuah gol penyeimbang bagi Munchen.
Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Mario Goetze dikawal Frank Lampard.
Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Thomas Muller dan Ivanovic terlibat duel udara memperebutkan bola.
Piala Super Eropa: Lewat Adu Penalti, Munchen Jinakkan Perlawanan Chelsea 5-4
Frank Ribery disambut gembira sang pelatih, Guardiola, setelah Munchen memastikan juara.

PRAHA, SATUHARAPAN.COM – Bayern Munchen dari Jerman berhasil membalas sakit hati ditaklukkan Chelsea (Inggris) pada final Liga Champions 2011. Pada pertandingan ajang Piala Super Eropa yang mempertemukan Juara Liga Champions 2012-2013, Bayern Munchen melawan Juara Liga Europa 2012-2013, Chelsea yang berlangsung Sabtu (31/8) dini hari (WIB).

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Eden, kota Praha tersebut Bayern Munchen unggul lewat drama adu penalti dengan skor 5-4. Walaupun pertandingan selama 90 menit dan ada tambahan waktu digelar, tidak ditemukan pemenang, karena skor masih imbang 2-2.

Dalam pertandingan di Stadion Eden, Praha, Ceko. Kedua tim menampilkan permainan atraktif dengan saling serang sejak awal. Silih berganti menyerang secara terbuka pun tak lama segera membuat kedua tim menciptakan sejumlah peluang.

Pada menit ke-8, Chelsea lebih dahulu memimpin, lewat tendangan mantap Fernando Torres. Sebelumnya mantan penyerang Atletico Madrid dan Liverpool ini mendapat umpan yang tepat bersarang di dadanya dari gelandang sayap kiri Chelsea, Andre Schuerle, sesaat setelah menerima umpan tersebut langsung disambar Torres dengan kaki kiri langsung menembakkan bola yang tidak dapat dibendung penjaga gawang Munchen, Manuel Neuer.

Gol yang tergolong cepat ini jelas mengejutkan anak-anak Bayern. Bayern mencoba membalas ketertinggalan skor 0-1 tersebut, beberapa peluang pun kemudian segera kembali tercipta, antara lain lewat para gelandang Thomas Muller, Franck Ribery, maupun Mario Mandzukic dan lainnya. Tapi, masih belum ada hasil yang dapat diraih.

Chelsea di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho juga tak berhenti menekan pertahanan Bayern di setiap kesempatan yang ada. Dibantu pemain belakang David Luiz dan Gary Cahill, penyerang Torres bersama Schurrle, juga Eden Hazard dan Oscar, beberapa kali kembali menyulitkan lini belakang Bayern.

Namun hasil sementara 1-0 itu tak berubah hingga babak pertama usai. Memasuki babak kedua, Bayern yang sudah bertekad untuk segera membalas, tak lama akhirnya segera mendapatkan hasilnya.

Pada menit ke-47, Franck Ribery, mampu memberikan gol penyeimbang bagi Bayern Munchen setelah mendapat sodoran dari gelandang bertahan Munchen,Toni Kroos. Skor 1-1 tersebut menjadikan tensi permainan berlangsung keras, dan para pemain kedua kesebelasan melakukan pelanggaran-pelanggaran berbahaya, contohnya adalah tatkala Ramires yang memperoleh kartu merah usai kartu kuning kedua, di menit ke-85, yang membuat Chelsea menyisakan 10 pemain saja di lapangan.

Pada periode perpanjangan waktu 2 x 15 menit, Chelsea mampu mengejutkan Bayern dengan gol tambahan. Eden Hazard membuat Chelsea unggul lewat aksi individunya pada menit ke-96, di sisi kanan kotak penalti Bayern, dan langsung melepaskan tendangan keras rendah yang tak terbendung Neuer. Ketertinggalan skor 1-2 membuat Bayern total mengurung pertahanan Chelsea, sehingga menurut statistik pada laman resmi UEFA, prosentase penguasaan bola adalah 64 berbanding 36 persen bagi Bayern Munchen, padahal sepanjang laga 90 menit prosentase berimbang sama-sama 50 persen. Chelsea di sisa waktu ini hanya bisa fokus bertahan sambil sesekali coba keluar dari tekanan.

Kemenangan seakan sudah ada di depan mata Chelsea sirna ketika hingga memasuki menit-menit akhir, tatkala berkat kegigihan pemain bertahan Munchen, Philipp Lahm mengirim umpan ke area permainan Chelsea, dan berbuah tendangan bebas, gol yang disarangkan Javi Martinez di menit ke-121, tercipta sehingga skor menjadi imbang 2-2. Hanya beberapa detik kemudian, peluit panjang tanda usainya perpanjangan waktu pun berbunyi. Dengan skor sama 2-2, ini berarti Bayern dan Chelsea harus kembali berduel lewat adu penalti.

Dalam sesi ini, lima pemain dari masing-masing tim harus ikut serta menjalankan tugasnya. Diawali oleh Alaba di kubu Bayern, diikuti Luiz untuk Chelsea, penendang berikutnya selalu sukses memasukkan bola ke gawang. Masing-masing adalah Kroos, Lahm, Ribery dan Xherdan Shaqiri untuk Bayern, serta Oscar, Frank Lampard dan Ashley Cole bagi Chelsea.

Para pemain Bayern Munchen bersorak kegirangan ketika penendang penalti kelima Chelsea, Romelu Lukaku, yang tendangan ringannya ke sisi kiri Neuer berhasil dihadang oleh sang kiper. Skor penalti 5-4 untuk Bayern, dan pelatih Munchen, Josep Guardiola bersama anak-anak asuhannya pun berhak atas trofi juara Piala Super Eropa 2013-2014.

Susunan pemain:

Bayern Munich: Neuer; Rafinha, Boateng, Dante, Alaba; Kroos, Lahm;  Ribery, Muller, Robben; Mandzukic.
Cadangan: Starke, Van Buyten, Martinez, Shaqiri, Pizarro, Gotze, Contento.


Chelsea: Cech; Ivanovic, Cahill, Luiz, Cole; Ramires, Lampard; Oscar, Hazard, Schurrle; Torres.
Cadangan: Schwarzer, Azpilicueta, JT, Essien, Mikel, Mata, Lukaku. (uefa.com/fcbayern.telekom.de)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home