Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta 07:20 WIB | Jumat, 30 Agustus 2013

Playoff Liga Europa: Dua Wakil Spanyol Berjaya, Sevilla Hajar Slask 5-0, Betis Lindas Jablonec 6-0

Carlos Alberto (kuning, Sevilla) mencoba melepaskan diri dari Ostrowski (kiri) dan Mirko Patejuk (kanan, kaus hijau, Slask). (foto-foto: radiopolski.pl)

WROCLAW, SATUHARAPAN.COM - Setelah mencetak empat gol pada laga pertama Playoff Liga Europa di kandang sendiri, satu pekan yang lalu (23/8), juara Liga Europa 2005 dan 2007, Sevilla kembali menghancurkan lawan yang mereka kalahkan sepekan silam, Slask Wroclaw. Tim Spanyol itu membukukan skor meyakinkan 5-0, dalam pertandingan yang berlangsung Jumat (30/8) di Stadion Wroclaw, Polandia. Sehingga, secara keseluruhan Sevilla unggul 9-1. Sepekan mereka sebelumnya menang 4-1 di kandang sendiri.

Sementara dalam pertandingan lain yang berlangsung pada waktu yang sama, Real Betis menggunduli wakil Republik Ceko, FK Jablonec dengan skor meyakinkan 6-0. Sepekan sebelumnya Real Betis menang 2-1 di kandang Jablonec.

Slask Wroclaw yang tahun lalu menduduki peringkat keenam akhir klasemen Liga Sepakbola Polandia sehingga Slask dapat lolos ke Liga Europa tersebut, memiliki banyak kekurangan sehingga dengan mudah ditembus penyerang-penyerang Sevilla, Ignacio Jairo dan Rodrigo Bacca.

Sevilla yang pada pertandingan ini banyak menekan pertahanan tuan rumah dan menguasai bola. Mengawali kesempatan emas pada menit ke-15, gelandang Sevilla, Rabello hampir memulai langkah yang baik untuk Sevilla, namun tendangannya masih melebar.

Pada menit ke-22, Sevilla mencetak gol pertama, Rakitic menghancurkan jala Slask  yang dini hari tadi dikawal penjaga gawang, Mariusz Giekewiscz, tendangan Rakitic dari luar kotak penalti sebenarnya sempat mengenai tangan Giekewscz tetapi berbelok masuk ke belakang jarik Slask.

Pada kesempatan yang lain penjaga gawang Sevilla, Adrian Beto hampir dibuat merana, karena gelandang Slask, Patejuk berhasil mengecoh penjaga gawang tersebut di menit ke-32. Akan tetapi tapi pemain bertahan Sevilla, Cala berdiri tepat di depan garis gol untuk menyapu bola jauh dari gawang Sevilla, sehingga Sevilla selamat dari kebobolan.

Sebuah serangan Sevilla yang dibangun atas kerjasama Jairo dan Bacca berbuah gol, dengan sontekan bola pelan ke dalam kotak penalti, dan dari kemelut di depan kotak penalti Slask, Bacca berhasil melesakkan bola melewati jala Slask pada menit ke-38, dan Sevilla pun unggul 2-0.

Pada babak kedua Sevilla menambah keunggulan lewat Jairo menit ke-70, Alejandro Perotti menit ke-78, dan Bacca menciptakan gol keduanya menit ke-86 sekaligus menggenapkan kemenangan Sevilla dini hari tadi menjadi 5-0, dan secara agregat mereka akan lolos ke fase grup dengan keunggulan 9-1.

Real Betis 6-0 Jablonec

Dengan berbekal kemenangan 2-1 pada leg pertama di Ceko, Real Betis mengawali gol pertama melawan FK Jablonec lewat gol Ruben Castro pada menit ke-18, dengan keunggulan 2-1 hasil pertandingan leg pertama, tim tuan rumah dengan cepat mulai mendominasi permainan dan sepatutnya memimpin pada menit ke-18 dari serangan dari Ruben Castro. Selanjutnya Real Betis unggul lewat gol bunuh diri pemain Jablonec, Michel Vit  pada menit ke-38.

Pada pertandingan babak kedua, Betis mencetak gol ketiga dari Javier Matilla setelah tendangannya membentur badan pemain tengah FK Jablonec, Michal Spit dari dalam kotak penalti.

Selanjutnya gol keempat terjadi lewat Jorge Molina pada menit ke-62,  dilanjutkan dengan gol Braian Rodríguez mencetak gol kelima bagi Real Betis yang diasuh pelatih Pepe Mel, dan di menit ke-81 Xavi Torres melengkapi gol Betis menjadi 6-0, untuk menggenapi kemenangan agregat  8-1 yang diraih Real Betis.

Susunan pemain Slask:  Gikiewicz, Ostrowski , Pawelec, Kokoszka , Spahic, Holota, Kazmierczak , Sobota , Mila , Patejuk, Plaku. 

Pemain Pengganti: Wiezik, Gavish, Socha.

Susunan Pemain Sevilla: Beto , Figueiras , Cala Navarro, Alberto , Rakitic, Iborra , Víctor Machin , Rabello, Jairo, Bacca

Pemain Pengganti: Israel, Cotan, Perotti.

(radiopolski.pl/ uefa.com/ insidespanishfootball.com/ sportsmole.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home