Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 16:03 WIB | Kamis, 28 Juli 2016

Pilih Parpol, Wagub DKI: Ahok Kembali ke Jalan yang Benar

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bersama dengan perwakilan dari Partai Nasional Demokrat, Partai Golkar, Partai Hanura dan Teman Ahok di halalbihalal Teman Ahok di Pejaten, Jakarta Selatan, hari Rabu (27/7). (Foto: Febriana Dyah Hardiyanti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengungkapkan kelegaannya mengenai pilihan yang telah dijatuhkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yakni memilih partai politik (Parpol) untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

“Beliau kembali ke jalan yang benar,” kata Djarot, di Balai Kota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari Kamis (28/7).

Djarot menyatakan bahwa dalam hal demokrasi, parpol merupakan infrastruktur yang paling penting. Sistem demokrasi Indonesia, lanjut dia, merupakan demokrasi perwakilan, demokrasi musyawarah mufakat, dan demokrasi kolektifitas, bukan demokrasi individual aatau perseorangan. Namun, dia tetap mengapresiasi adanya jalur perseorangan.

“Tugas kita penguatan partai politik, tapi bukan mengatakan bahwa jalur perseorangan tidak boleh. Boleh, silahkan tidak apa-apa, karena ini bukan permasalahan bagus tidak bagus,” ujar Djarot.

Djarot mendukung langkah yang telah diambil Ahok. “Beliau sudah memutuskan jalur partai politik, artinya beliau sadar demokrasi yang bagus itu melalui jalur partai politik di dalam pilkada. Ya kita dukung,” katanya.

Mengenai isu pengusulan Djarot untuk kembali dijadikan calon wakil Ahok, ia hanya menerangkan bahwa semua kembali pada mekanisme partai yang ada. “Itu mekanisme dari partai. Kami kan ada aturan dan mekanisme dari partai, nanti akan dibahas,” ujar dia.

Menurutnya, adanya klaim bahwa Ahok akan diusung oleh PDIP, Djarot mengatakan bahwa hal itu tergantung dari Ahok apakah akan mengikuti mekanisme partai berlambang banteng itu.

“Tergantung Pak Ahok bagaimana, apakah masuk dalam mekanisme partai PDIP. Tentu kalau memang benar pasti akan bertemu dengan Bu Mega untuk dikomunikasikan,” kata dia menambahkan.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home