Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 14:04 WIB | Rabu, 26 Juni 2013

Pistol Jaring Efektif Hentikan Pembalap Liar Di Vietnam

Pistol Jaring Efektif Hentikan Pembalap Liar Di Vietnam
Pistol Jaring untuk Pengendara Motor yang Melanggar Lalu-lintas (foto: globalpost.com)
Pistol Jaring Efektif Hentikan Pembalap Liar Di Vietnam
Aksi Polisi Vietnam Menggunakan Pistor Jaring

VIETNAM, SATUHARAPAN.COM - Polisi Vietnam terinspirasi senjata jaring milik Spiderman untuk menciduk motor para pengendara yang ugal-ugalan di jalan raya. Kementerian Pertahanan Vietnam telah mendesain pistol jaring (net gun) di laboratorium mereka dan menerapkannya di kawasan provinsi Thanh Hoa, Vietnam.

Seperti dilansir dari situs globalpost.com, para pembalap liar telah meresahkan penduduk Vietnam dan membuat penduduk takut keluar pada malam hari.

Sejak 2011, polisi setempat telah berhasil menembakan jaring serabut untuk menghentikan laju roda penggendara ugal-ugalan. Para polisi hanya menunggu para pengendara melintas dan segera menembakan jaring mereka ke arah roda belakang motor pengendara.

Motor sasaran langsung berhenti karena rodanya terlilit jaring, motor yang tidak dapat berjalan lalu diamankan polisi ke dalam truk.

Model Pistol Jaring

Pistol jaring dirancang dengan menggunakan silinder panjang untuk menyimpan benang serabut yang beratnya antara 0,25 sampai 0,3 kg. Slider tersebut dapat melemparkan jaring sampai jarak 15 meter.

Pistol jaring ini digunakan bukan saja untuk para pembalap liar, tetapi untuk para pelanggar lalu-lintas yang hendak kabur ketika ingin dirazia polisi.

Menurut gubernur provinsi setempat, Trinh Van Chien mengatakan bahwa pistol jaring ini sebagai solusi efektif untuk menghentikan pembalap liar di daerah mereka.

"Kami fokus untuk menghancurkan pemimpin kelompok mereka," katanya kepada media VietnamNet pada tahun 2012.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home