Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:23 WIB | Kamis, 12 Februari 2015

PLN-Pemprov Sepakati Jalur Listrik Khusus Waduk Pluit

PLN-Pemprov Sepakati Jalur Listrik Khusus Waduk Pluit
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok seusai bertemu GM PLN Haryanto WS di Balai Kota pada Kamis (12/2) sore. (Foto-foto: Francisca Christy Rosana)
PLN-Pemprov Sepakati Jalur Listrik Khusus Waduk Pluit
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (kanan) dan Haryanto WS, GM PLN (kiri, batik merah).
JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan General Manajer Perusahaan Listrik Negara (PLN), Haryanto WS telah sepakat untuk membuat jalur aliran listrik khusus Waduk Pluit. Pembuatan jalur aliran listrik khusus ini bertujuan agar pompa-pompa air di gardu induk Waduk Pluit tetap berfungsi meski listrik padam.
 
"Kita sudah sepakat akan membuat jalur khusus dan PLN sudah setuju. Sebenarnya saat ini ada genset di Waduk Pluit. Genset yang ada di Pluit ukurannya cukup besar, tapi pengaturamnya tidak sinkron," kata Gubernur DKI yang akrab disapa Ahok itu di Balai Kota, Jakarta Pusat pada Kamis (12/2) seusai mengadakan rapat dengan pihak PLN.
 
Belajar dari pengalaman, PLN menurut Ahok akan meninggikan semua gardu induk yang diperkirakan akan terendam jika banjir. PLN juga akan ikut membereskan tanggul. 
 
"Tanggul laut akan dibereskan bersama supaya di wilayah utara ini tanggul dan pompa berfungsi dengan baik," ujar Ahok.
 
Sementara itu, PLN juga berencana akan menjaga listrik agar listrik tetap menyala di gardu induk tempat pompa air, yakni di Ancol Barat, Waduk Pluit, Pasar Ikan, dan Blok G. 
 
Pihak PLN menegaskan listrik di Waduk Pluit dipastikan tak akan padam lagi kecuali PLTU meledak.
 
Pendanaan untuk jalur aliran khusus ini disampaikan Ahok bersumber dari gabungan antara Pemprov dan PLN.
 
"Yang jelas kami (PLN dan Pemprov, Red) baik-baik saja," ujar Ahok.
Sebelumnya hubungan Ahok dan PLN dikabarkan sempat menegang karena banjir yang terjadi pada Senin (9/2). 
 
Ahok mempertanyakan matinya aliran listrik di Waduk Pluit yang menyebabkan pompa-pompa tak berfungsi sehingga air yang berasal dari air hujan dan rob meluap. 
 
Tak berfungsinya pompa-pompa air akibat listrik padam menyebabkan beberapa wilayah di Jakarta tergenang banjir, khususnya di Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Pusat. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home