Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 16:34 WIB | Senin, 28 Maret 2016

PM Pakistan Batalkan Kunjungan Kerja Eropa

Ilustrasi: Perdana Menteri Pakistan, Nawaz Sharif. (Foto: deccachronicle.com).

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Pakistan Nawaz Sharif  membatalkan perjalanannya ke Inggris  karena adanya serangan bom bunuh diri mematikan di sebuah taman di Lahore, Pakistan.

Menurut juru bicara Perdana Menteri seperti diberitakan situs berita Pakistan The News, hari Senin (28/3), Nawaz seyogyanya diagendakan berangkat ke Inggris, namun dia memilih langsung ke agenda lainnya di Amerika Serikat yakni Konferensi Tingkat Tinggi Keamanan Nuklir 2016 akhir Maret ini.

Konferensi Tingkat Tinggi 2016, menurut situs berita tentang lingkungan, ekonomi, sosial dan politik – Global  Risk Insight – adalah konferensi  yang akan mempertemukan beberapa pemimpin dunia antara lain Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Xi Jinping, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Menurut situs resmi Nuclear Security System,  KTT Keamanan Nuklir adalah forum tertinggi  para pemimpin dunia untuk terlibat dan memperkuat komitmen tinggi untuk menggunakan nuklir seoptimal mungkin.

KTT Keamanan Nuklir 2016 akan diselenggarakan di Washington D.C, Amerika Serikat pada akhir Maret, pertemuan ini merupakan yang keempat yang telah diselenggarakan, sejak pertama kali diselenggarakan pada 2010 di Afrika Selatan. 

Dalam KTT akan dibahas langkah-langkah penanggulangan  aksi terorisme dengan menggunakan nuklir, selain itu juga bekerja sama meningkatkan budaya keamanan nuklir, berbagi praktik terbaik, dan meningkatkan standar keamanan nuklir.

Terorisme Lahore

Ledakan itu berada di kawasan taman Gulshan Iqbal, tempat banyak orang berkumpul. Keterangan pihak keamanan menyebut  ledakan merupakan upaya bom bunuh diri.  

Sempalan kelompok Taliban yang mengaku bertanggung jawab atas pemboman mengatakan mereka menargetkan  umat Kristen yang baru saja bepergian merayakan Paskah. Semua rumah sakit utama di daerah itu telah disiagakan untuk menangani pasien darurat. Ledakan itu diperkirakan berada di gerbang utama taman tempat mobil-mobil diparkir.

Lahore adalah ibukota Punjab, provinsi terbesar dan terkaya di Pakistan dan merupakan basis politik Perdana Menteri Nawaz Sharif. (alarabiya.net/thenews.com.pk/nss2016.org)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home