Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:58 WIB | Jumat, 17 Oktober 2014

Polisi Hong Kong Bersihkan Tempat Protes Mongkok

Petugas polisi menerobos paksa kerumunan demonstran pro-demokrasi di Hong Kong pada 16 Oktober 2014. Hong Kong telah terjun ke dalam krisis politik terburuk sejak serah terima 1997 saat aktivis pro-demokrasi mengambil alih jalan-jalan kota menyusul penolakan Tiongkok untuk memberikan warga hak pilih universal secara penuh. (Foto: AFP)

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM - Kepolisian Hong Kong Jumat (17/10) pagi membersihkan satu lokasi protes di daerah Mongkok yang padat penduduk tanpa mendapat perlawanan saat mereka menghapus barikade-barikade dan tenda-tenda.

Situs Mongkok - yang hampir kosong ketika polisi bergerak - telah melihat bentrokan kekerasan antara para demonstran yang menyerukan demokrasi penuh di kota Tiongkok selatan itu dan kelompok oposisi hampir selama tiga pekan berdemonstrasi.

Situs ini terpisah dari tempat protes terbesar di luar kantor-kantor pemerintah di distrik Admiralty di pulau utama kota, dimana puluhan ribu orang sebentar-sebentar berunjuk rasa, dan bertempur dengan polisi.

Para pengunjuk rasa menuntut pemilihan kepemimpinan yang bebas untuk kota semi-otonom itu, namun Tiongkok menegaskan bahwa calon untuk 2017 orangnya harus diperiksa oleh satu komite yang setia kepada Beijing. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home