Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:26 WIB | Selasa, 12 Mei 2015

Populasi Singa di India Meningkat

Ilustrasi singa Asiatik. (Foto: bbc.com)

GUJARAT, SATUHARAPAN.COM – Populasi singa di India meningkat 27% selama lima tahun terakhir dengan jumlah 523 berkat larangan berburu dan konservasi secara berkesinambungan.

Data tersebut dikeluarkan berdasarkan sensus margasatwa yang diadakan di India baru-baru ini.

Singa di India tergolong jenis singa Asiatik. Singa ini hidup di kawasan hutan di negara bagian Gujarat yang dikenal sebagai satu-satunya habitat Singa Asiatik di dunia.

Satu abad lalu, jumlah singa jenis ini hanya puluhan ekor namun kini bertambah setelah pihak berwenang India memberlakukan larangan berburu dan menempuh berbagai langkah konservasi.

Salah satu langkah yang diusulkan untuk ditempuh adalah memindahkan sebagian singa ke negara bagian Madhya Pradesh.

Usulan itu bahkan sudah diperintahkan oleh Mahkamah Agung India. Akan tetapi pemerintah negara bagian Gujarat berusaha menentang putusan.

Wartawan BBC untuk Asia Selatan, Charles Haviland, melaporkan Singa Asiatik, yang bertubuh lebih kecil dibandingkan singa Afrika, masih masuk di dalam daftar internasional tentang spesies yang terancam punah.

Meskipun jumlahnya bertambah, menurut para aktivis, berbagai bahaya tetap menghadang singa, termasuk sumur terbuka, pemburu, dan kereta api serta truk yang melintas. (bbc.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home