Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:43 WIB | Jumat, 13 Juni 2014

Prediksi Piala Dunia 2014: Kamerun vs Meksiko

Prediksi Piala Dunia 2014: Kamerun vs Meksiko
Samuel Eto'o salah satu penyerang andalan Kamerun dan Chicharito, penyerang Meksiko. (Foto-foto: Fifa.com).
Prediksi Piala Dunia 2014: Kamerun vs Meksiko
Kesebelasan nasional Meksiko merayakan kegembiraan.

SATUHARAPAN.COM – Samuel Eto’o menjadi harapan Kamerun di Piala Dunia 2014 akan mencoba membuktikan gregetnya pada Jumat (13/6) malam WIB di Stadion Arena Das Dunas, Natal, Brasil.

Pelatih Kamerun Volker Finke mengemukakan di beberapa klub yang dia bela di Liga Eropa mampu menghasilkan gelar juara, akan tetapi di tim nasional Kamerun Eto’o terlalu menjadi tumpuan, sehingga terkadang Kamerun tumbang apabila tidak diperkuat Eto’o.

Samuel Eto’o adalah topskor sepanjang masa Kamerun dengan 55 gol dari 115 penampilan. Piala Dunia 2014 merupakan piala dunia keempat bagi ujung tombak Kamerun ini, akan tetapi kini Volker Finke, pelatih Kamerun banyak mengandalkan para pemain yang berlaga di Liga Sepak Bola Kamerun dan kurang memiliki kualitas dan kemampuan bersepak bola yang sama seperti para punggawa kamerun yang berlaga di Liga Eropa.

Walaupun sempat menyatakan pensiun dari timnas, tetapi Eto’o siap akan menjadikan Brasil 2014 sebagai momen penutup kariernya di level internasional.

Eto’o yang saat ini bermain di klub Inggris, Chelsea FC, akan ditopang antara lain oleh Nicolas N'Koulou, Benoit Assou-Ekotto dan Aurelien Chedjou akan menjadi tumpuan Kamerun di lini belakang. Di lini tengah terdapat Alex Song, Jean Makoun dan Stephane Mbia di jantung permainan Kamerun.

Kamerun belum pernah bertanding menghadapi Meksiko dalam pertandingan internasional di ajang apa pun. 

Sementara hasil yang dicatat Meksiko di bawah asuhan Miguel Herrera melakukan persiapan menjelang piala dunia 2014 dengan tidak stabil, karena tercatat pernah dua kali menang, satu kali hasil seri dan dua kali kekalahan beruntun dalam dua pertandingan pemanasan terakhirnya atas Bosnia dan Portugal.

Chicarito Hernandez dan Giovanni Dos Santos di tim nasional Meksiko menjadi andalan di lini depan, sementara sisanya Meksiko bergantung kepada skuad lokal. 

Sehari sebelum pertandingan, Kamis (12/6) malam WIB, pelatih Kamerun, Volker Finke mengatakan dua penyerang, Samuel Eto’o dan Stephane Mbia akan bermain menghadapi Meksiko.

Kamerun menjalani Piala Dunia 2010  saat takluk kalah di fase grup dan kebobolan lima gol. Kamerun selalu tersingkir di fase grup pada empat Piala Dunia terakhir.

Eto’o dan Mbia tidak memperkuat Kamerun saat pertandingan persahabatan menghadapi Moldova karena cedera, tetapi Finke meyakini kedua pemain tersebut sangat siap menghadapi partai malam nanti. 

“Kedua pemain itu penting, saya berharap mereka keduanya tidak ada apa-apa saat tiga pertandingan piala Dunia nanti,” lanjut Finke. 

Sementara itu Miguel Herrera, pelatih Meksiko menginginkan timnya melawan tren dan mencapai babak delapan besar.

“Dari awal kita harus memvisualisasikan gagasan bahwa kita bisa mencapai final, sejarah sepak bola kami tidak berdasarkan perkiraan saya, tapi kami memiliki tim yang baik dan infrastruktur yang besar untuk memajukan sepak bola,” kata Herrera.

Dalam lima pertandingan terakhir uji coba Meksiko mencatat hasil kurang meyakinkan, pada akhir Mei 2014 unggul 3-0 atas Israel, sedangkan awal Juni tim Sombrero pernah menggulingkan Ekuador 3-1, selanjutnya takluk atas Bosnia Herzegovina, dan Portugal dengan 0-1.

“Aku ingin melihat anak buahku juara, tetapi aku bukan orang yang konformis (mapan), tetapi anda harus yakin bahwa kita punya tujuan, untuk datang ke Piala Dunia, kalau Meksiko berhasil keluar dari Grup A ini dengan kepala tegak maka kita masih harus memperhitungkan kekuatan kita bagaimana untuk melawan Spanyol, Belanda, Chile,” lanjut Herrera.

Meksiko pernah melaju hingga perempat final Piala Dunia dua kali, pada tahun 1970 dan 1986. Meskipun harus tersingkir di perdelapan final pada lima Piala Dunia berikutnya, Meksiko tidak pernah terlempar dari peringkat 20 besar dunia.

Skuad Lengkap Meksiko:

Kiper : Jose de Jesus Corona (Cruz Azul), Guillermo Ochoa (Ajaccio), Alfredo Talavera (Toluca).

Bek : Miguel Layun (America), Carlos Salcido (Tigres), Paul Aguilar (America), Andres Guardado (Bayer Leverkusen), Hector Moreno (Espanyol), Francisco Javier Rodriguez (America), Diego Reyes (Porto), Rafael Marquez (Leon).

Gelandang : Juan Carlos Medina (America), Jose Juan Vazquez (Leon), Luis Montes (Leon), Hector Herrera (Porto), Isaac Brizuela (Toluca), Marco Fabian (Cruz Azul), Carlos Pena (Leon).

Striker : Oribe Peralta (Santos), Javier Hernandez (Manchester United), Giovani dos Santos (Villarreal), Raul Jimenez (America), Alan Pulido (Tigres).

Skuad Lengkap Kamerun:

Kiper : Charles Itandje (Konyaspor), Sammy Ndjock (Fethiyespor), Lioc Feudjou (Coton Sport).

Bek : Allan Nyom (Granada), Nounkeu Dany (Besiktas), Cedric Djeugoue (Coton Sport), Aurelien Chedjou (Galatasaray), Nicolas Nkoulou (Marseille), Henri Bedimo (Lyon), Benoit Assou-Ekotto (Tottenham).

Gelandang : Enoh Eyong (Antalyaspor), Jean Makoun (Rennes), Joel Matip (Schalke 04), Stephane Mbia (QPR), Landry Nguemo (Bordeaux), Alexandre Song (Barcelona), Edgar Salli (Lens).

Striker : Samuel Eto’o (Chelsea), Eric-Maxim Choupo-Moting (Mainz 05), Benjamin Moukandjo (Nancy), Vincent Aboubakar (Lorient), Pierre Achille Webo (Fenerbahce), Fabrice Olinga (Zulte Waregem). (soccerway.com/fifa.com).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home