Loading...
BUDAYA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:42 WIB | Rabu, 13 November 2013

Presiden Undang Pakar dan Praktisi Budaya Dunia Hadiri WCF di Bali

Tari Kecak (kiri) dan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (kanan). (Foto: wcfina.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengundang kepala negara, pakar , praktisi budaya, dan pemenang hadiah nobel dari seluruh dunia untuk menghadiri World Culture Forum (WCF), yang akan diselenggarakan di Bali, 24-27 November mendatang.

“Saya mengundang  delegasi dari seluruh dunia untuk menghadiri World Culture Forum 24 - 27 November 2013, di Bali," demikian pesan Presiden SBY dalam surat resmi undangan seperti disampaikan juga dalam wcfina.org.

Menurut SBY, pentingnya peran budaya sebagai agen yang tidak terpisahkan dari perubahan dan rekonsiliasi dalam menghadapi globalisasi.  SBY memcontohkan, pada dasawarsa pertama abad ke-21 telah menyaksikan perubahan strategis, pertumbuhan global berfluktuasi dan kekayaan, konflik geopolitik dan formasi baru, yang  tidak dapat dipisahkan dari budaya.

Sementara itu, dalam pidato pembukaan perdebatan di Majelis Umum PBB pada tanggal 12 Juni 2013 yang lalu, Presiden SBY juga menggarisbawahi pentingnya hubungan antara budaya dan pembangunan bagi agenda pasca 2015, yang belum sepenuhnya dipahami. “World Culture Forum menyediakan ruang untuk mengatasi kebutuhan mendesak mempromosikan demokrasi budaya sebagai alat pemberdayaan,” kata SBY.

Selanjutnya, SBY mengatakan, bahwa Indonesia sebagai negara yang memiliki paling banyak keragaman  budaya dan bahasa  di dunia, telah memprakarsai  World Culture Forum sebagai platform inklusif dan strategis untuk berdiskusi, berdebat, memahami dan mempromosikan kekuatan budaya dalam pembangunan berkelanjutan.

Presiden SBY mengharapkan hadirnya para kepala negara,  pemenang hadiah Nobel, menteri kebudayaan, pakar, para pembuat kebijakan, LSM, praktisi budaya dan pemangku kepentingan lainnya dalam  pertemuan global ini.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home