Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:28 WIB | Senin, 27 Februari 2023

Presiden Zelenskyy Pecat Komandan Pasukan Gabungan Ukraina

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, menghadiri konferensi pers pada peringatan pertama invasi Rusia ke Ukraina, di tengah serangan Rusia terhadap Ukraina, di Kiev, Ukraina, 24 Februari 2023. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, pada hari Minggu (26/2) memecat seorang komandan militer senior yang membantu memimpin perang melawan pasukan Rusia di timur negara yang diperangi itu, tetapi tidak memberikan alasan untuk tindakan tersebut.

Dalam dekrit satu baris, Zelenskyy mengumumkan pemecatan Eduard Moskalyov sebagai komandan pasukan gabungan Ukraina, yang terlibat dalam pertempuran di wilayah Donbas.

Zelenskyy menyebut Moskalyov dalam pidato hariannya pada hari Jumat (24/2) ketika mendaftar komandan militer yang dia ajak bicara. Moskalyov telah menjabat sejak Maret 2022, tak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Baik akun Facebook maupun Twitter pasukan gabungan tidak menyebutkan pemecatan tersebut.

Pasukan Rusia melakukan upaya bersama untuk merebut dua wilayah timur yang membentuk Donbas, dan Zelenskyy dalam beberapa pekan terakhir menggambarkan situasi militer di timur sebagai sulit dan menyakitkan.

Unit-unit pro Moskow memfokuskan upaya mereka di kota Bakhmut, melakukan serangan berulang kali meskipun menderita apa yang dikatakan pejabat Ukraina dan Barat sebagai banyak korban.

Dalam sebuah posting Facebook, staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah melakukan beberapa serangan yang gagal di daerah Bakhmut pada hari Minggu. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home