Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:05 WIB | Sabtu, 20 Juni 2015

Program Tuntaskan Masalah Kualifikasi Akademik Guru

Ilustrasi: guru mengajar di daerah. (Foto: Antaranews)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Sumarna Surapranata, mengatakan pemerintah membuat program keberpihakan untuk menuntaskan persoalan kualifikasi akademik guru yang belum menempuh pendidikan minimal S-1 atau D-IV.

Program tersebut, salah satunya ditujukan kepada 11.000 guru di Maluku, bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Pranata menyebutkan, tuntutan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, yang seluruhnya harus sudah berkualifikasi S-1 atau D-IV, sebenarnya sudah hampir selesai.

Pencapaian itu didukung dengan inisiatif pemerintah melalui Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB), yang mengatur, agar guru tidak perlu mengambil seluruh SKS yang dipersyaratkan untuk lulus dalam jenjang pendidikan tersebut.
“Guru tidak usah mengambil seluruh SKS. Dengan PPKHB ini, guru hanya perlu mengambil sepertiganya saja,” kata Pranata di Jakarta, Jumat (19/6).

Kebijakan lain yang dilakukan untuk mendukung peningkatan kualifikasi guru adalah dengan memberikan bantuan yang setiap tahun ditujukan bagi 80 hingga 100.000 guru.

“Ini untuk membantu mereka bersekolah. Jadi selain sistem yang diperbaiki, bantuan dana juga dilakukan,” katanya.

Pranata juga menuturkan, tahun ini Kementerian menyediakan anggaran bantuan kualifikasi untuk 70.000 guru, tetapi sayangnya tidak seluruhnya terserap.

“Hanya 30.000 saja yang terserap. Karena sebagian masih sekolah, sebagian lagi sudah selesai,” katanya. (kemdiknas.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home