Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:44 WIB | Minggu, 06 Maret 2022

Putin Mengancam bahwa Kenegaraan Ukraina dalam Bahaya

Dia juga menyatakan bahwa sanksi terhadap Rusia adalah pernyataan perang.
Putin Mengancam bahwa Kenegaraan Ukraina dalam Bahaya
Seorang perempuan Ukraina menggendong bayi berjalan melewati barikade yang dikendalikan oleh tentara Ukraina saat mereka melarikan diri menyeberangi sungai Irpin di pinggiran Kiev, Ukraina, Sabtu, 5 Maret 2022. (Foto: AP/Emilio Morenatti)
Putin Mengancam bahwa Kenegaraan Ukraina dalam Bahaya
Warga sipil Ukraina menerima pelatihan senjata di dalam sebuah bioskop di Lviv, Ukraina barat, Sabtu, 5 Maret 2022. (Foto: AP/Felipe Dana)

LVIV, SATUHARAPAN.COM- Presiden Rusia, Vladimir Putin memperingatkan bahwa kenegaraan Ukraina dalam bahaya. Dia juga menyamakan sanksi Barat terhadap Rusia sebagai "menyatakan perang," sementara gencatan senjata yang dijanjikan di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung telah runtuh di tengah adegan teror.

Dengan retorika Kremlin yang semakin sengit dan penangguhan invasi gagl dilakukan, pasukan Rusia terus menembaki kota-kota yang dikepung dan jumlah orang Ukraina yang dipaksa keluar dari negara mereka bertambah menjadi 1,4 juta.

Pada malam hari pasukan Rusia telah mengintensifkan penembakan mereka di Mariupol, sambil menjatuhkan bom kuat di daerah pemukiman di Chernihiv, sebuah kota di utara KiEv, kata para pejabat Ukraina.

Ibu-ibu yang kehilangan meratapi anak-anak yang terbunuh, tentara yang terluka dilengkapi dengan torniket dan dokter bekerja dengan cahaya ponsel mereka saat kekurangan cahaya dan keputusasaan menyelimuti warga. Di sisi lain kerumunan pria berbaris di ibu kota untuk bergabung dengan militer Ukraina.

Pemerintah telah memerintahkan pria berusia antara 18 dan 60 tahun untuk tetap tinggal dan siap bertarung. Beberapa, seperti Volodymyr Onysko, telah mengajukan diri. “Kami tahu mengapa kami ada di sini. Kami tahu mengapa kami membela negara kami," kata Onysko kepada Sky News Inggris. “Kami tahu apa yang kami lakukan, dan itulah mengapa kami akan menang.”

Meletakkan Tanggung Jawab pada Ukraina

Putin terus menyalahkan kepemimpinan Ukraina atas perang tersebut dan mengecam perlawanan mereka terhadap invasi. "Jika mereka terus melakukan apa yang mereka lakukan, mereka mempertanyakan masa depan negara Ukraina," katanya. “Dan jika ini terjadi, itu sepenuhnya atas hati nurani mereka.”

Dia juga mengecam sanksi Barat yang telah melumpuhkan ekonomi Rusia dan membuat nilai mata uangnya jatuh. “Sanksi yang dikenakan ini mirip dengan menyatakan perang,” katanya dalam pertemuan yang disiarkan televisi dengan pramugari dari maskapai Rusia Aeroflot. “Tapi syukurlah, kami belum sampai di sana.”

Sistem keuangan Rusia mengalami pukulan lagi ketika Mastercard dan Visa mengumumkan bahwa mereka menangguhkan operasi di negara itu.

 

Sepuluh hari setelah pasukan Rusia menyerbu, perjuangan untuk menegakkan gencatan senjata sementara di Mariupol dan kota timur Volnovakha menunjukkan rapuhnya upaya untuk menghentikan pertempuran di seluruh Ukraina.

Pejabat Ukraina mengatakan tembakan artileri dan serangan udara Rusia telah mencegah warga pergi sebelum evakuasi yang disepakati berlangsung. Putin menuduh Ukraina menyabotase upaya tersebut.

Pembicaraan putaran ketiga antara Rusia dan Ukraina akan berlangsung Senin, menurut Davyd Arakhamia, seorang anggota delegasi Ukraina. Dia tidak memberikan rincian tambahan, termasuk di mana mereka akan berlangsung.

Pertemuan-pertemuan sebelumnya diadakan di Belarusia dan mengarah pada kegagalan perjanjian gencatan senjata untuk menciptakan koridor kemanusiaan untuk evakuasi anak-anak, perempuan dan orang tua dari kota-kota yang terkepung, di mana apotek telah kosong, ratusan ribu menghadapi kekurangan makanan dan air, dan terluka.

Situasi Kota Mariupol Memprihatinkan

Walikota Mariupol, Vadym Boychenko, mengatakan ribuan penduduk telah berkumpul untuk keluar dari kota berpenduduk 430.000 jiwa dengan aman ketika penembakan dimulai dan evakuasi dihentikan. Kemudian pada hari itu, dia mengatakan serangan itu semakin meningkat.

"Kota ini dalam keadaan pengepungan yang sangat, sangat sulit," kata Boychenko kepada TV Ukraina. “Penembakan tanpa henti terhadap blok-blok perumahan sedang berlangsung, pesawat-pesawat telah menjatuhkan bom di daerah-daerah pemukiman. Pasukan Rusia menggunakan artileri berat, termasuk peluncur roket ganda Grad.”

Rusia telah membuat kemajuan signifikan di selatan, berusaha untuk memotong akses Ukraina ke laut. Menangkap Mariupol dapat memungkinkan Rusia untuk membangun koridor darat ke Krimea, yang dianeksasi pada tahun 2014.

Sementara itu kepala wilayah Chernihiv mengatakan Rusia telah menjatuhkan bom kuat di daerah pemukiman kota dengan nama yang sama, yang berpenduduk 290.000 jiwa. Vyacheslav Chaus memposting foto online dari apa yang dia katakan sebagai FAB-500 yang tidak meledak, sebuah bom seberat 1.100 pon (500 kilogram).

“Biasanya senjata ini digunakan untuk melawan fasilitas industri militer dan struktur yang dibentengi,” kata Chaus.

Dalam pidatonya kepada Ukraina, Presiden Volodymyr Zelenskyy menunjuk pada “bom seberat 500 kilogram yang dijatuhkan di rumah-rumah warga Ukraina. Lihatlah Borodyanka, di sekolah-sekolah yang hancur, di taman kanak-kanak yang diledakkan. Di Katedral Asumsi Kharkiv yang rusak. Lihat apa yang telah dilakukan Rusia.”

Barat telah secara luas mendukung Ukraina, menawarkan bantuan dan senjata dan menampar Rusia dengan sanksi yang luas. Tapi pertarungan itu sendiri telah diserahkan kepada Ukraina, yang telah menyatakan antara tekad yang berani dan putus asa.

"Ukraina berdarah," kata Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba dalam sebuah video yang dirilis Sabtu, "tetapi Ukraina belum jatuh."

Menargetkan Pembangkit Tenaga Nuklir

Pasukan Rusia maju ke  pembangkit listrik tenaga nuklir ketiga, setelah menguasai salah satu dari empat yang beroperasi di negara itu dan pembangkit yang ditutup di Chernobyl, Zelenskyy mengatakan kepada anggota parlemen AS.

Zelenskyy memohon kepada anggota parlemen untuk bantuan tambahan, khususnya pesawat tempur untuk membantu mengamankan langit di atas Ukraina, bahkan ketika dia bersikeras bahwa Rusia sedang dikalahkan.

“Kami menimbulkan kerugian pada penyerang yang tidak dapat mereka lihat dalam mimpi terburuk mereka,” kata Zelenskyy.

Pasukan Rusia menguasai kota pelabuhan selatan Kherson pekan ini. Meskipun mereka telah mengepung Kharkiv, Mykolaiv, Chernihiv dan Sumy, pasukan Ukraina telah berhasil menguasai kota-kota penting di Ukraina tengah dan tenggara, kata Zelenskyy.

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menelepon Zelenskyy pada hari Minggu (6/3) pagi, waktu Kiev, untuk membahas sanksi Rusia dan mempercepat bantuan AS ke Ukraina. Gedung Putih mengatakan percakapan itu juga mencakup pembicaraan antara Rusia dan Ukraina tetapi tidak memberikan rincian.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berada di Polandia untuk bertemu dengan perdana menteri dan menteri luar negeri, sehari setelah menghadiri pertemuan NATO di Brussel di mana aliansi tersebut berjanji untuk meningkatkan dukungan bagi anggota sayap timur.

Blinken juga berbicara melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, yang mengatakan Beijing menentang setiap langkah yang "menambah bahan bakar ke api" di Ukraina, menurut Kementerian Luar Negeri China. Blinken mengatakan dunia sedang mengawasi untuk melihat negara mana yang membela kebebasan dan kedaulatan, kata Departemen Luar Negeri.

Di Moskow, Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, bertemu dengan Putin di Kremlin. Israel menjaga hubungan baik dengan Rusia dan Ukraina, dan Bennett telah menawarkan untuk bertindak sebagai perantara dalam konflik, tetapi tidak ada rincian pertemuan yang muncul segera.

Kantor Bennett mengatakan dia berbicara dua kali dengan Zelenskyy sesudahnya.

Ukraina Kalah Senjata, Tetapi Perlawanan Terus  Berkorbar

Setelah sanksi Barat, Aeroflot, maskapai milik negara milik Rusia, mengumumkan rencana untuk menghentikan semua penerbangan internasional kecuali ke Belarusia mulai hari Selasa (8/3).

Jumlah korban tewas akibat konflik itu sulit diukur. Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan setidaknya 351 warga sipil telah dipastikan tewas sejak invasi 24 Februari, tetapi jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

Militer Ukraina sangat kalah bersaing dengan Rusia, tetapi pasukan profesional dan sukarelawannya telah melawan dengan kegigihan yang sengit. Bahkan di kota-kota yang telah jatuh, ada tanda-tanda perlawanan.

Penonton di Chernihiv bersorak saat mereka menyaksikan pesawat militer Rusia jatuh dari langit, menurut video yang dirilis oleh pemerintah Ukraina. Di Kherson, ratusan pengunjuk rasa melambaikan bendera Ukraina berwarna biru dan kuning sambil berteriak, “Pulanglah.”

Sebuah kolom lapis baja besar Rusia yang mengancam ibu kota Ukraina tetap terhenti di luar Kyiv. Penasihat presiden Ukraina Oleksiy Arestovich mengatakan pada sore hari bahwa situasi militer secara keseluruhan lebih tenang dan pasukan Rusia belum “mengambil tindakan aktif sejak pagi.”

Kongres AS sedang mempertimbangkan permintaan dana darurat sebesar US$ 10 miliar untuk bantuan kemanusiaan dan kebutuhan keamanan. PBB mengatakan akan meningkatkan operasi kemanusiaan baik di dalam maupun di luar Ukraina, dan Dewan Keamanan menjadwalkan pertemuan pada Senin mengenai situasi yang memburuk.

Program Pangan Dunia (WFP) PBB telah memperingatkan krisis kelaparan yang akan datang di Ukraina, pemasok gandum global utama, dengan mengatakan jutaan orang akan membutuhkan bantuan pangan “segera.”

Stasiun kereta api pusat Kiev tetap penuh sesak dengan orang-orang yang putus asa untuk melarikan diri. “Orang-orang hanya ingin hidup,” kata seorang wanita, Ksenia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home