Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 17:10 WIB | Minggu, 20 November 2022

Qatar Menghadapi Tantangan Kerumunan Besar Pengemar Sepak Bola

Qatar Menghadapi Tantangan Kerumunan Besar Pengemar Sepak Bola
Foto dari video, polisi Qatar mencoba untuk mengontrol kerumunan di Zona Penggemar FIFA menjelang Piala Dunia di Doha, Qatar, Sabtu, 19 November 2022. Pihak berwenang menolak ribuan penggemar Sabtu malam pada konser merayakan Dunia Piala dimulai keesokan harinya di Qatar, mengungkapkan tantangan ke depan untuk Doha saat mencoba mengelola penonton di turnamen paling kompak FIFA yang pernah ada. (Foto: AP/Srdjan Nedeljkovic)
Qatar Menghadapi Tantangan Kerumunan Besar Pengemar Sepak Bola
Anggota staf memegang bir di zona penggemar jelang Piala Dunia FIFA, di Doha, Qatar, Sabtu, 19 November 2022. (Foto: AP)
Qatar Menghadapi Tantangan Kerumunan Besar Pengemar Sepak Bola
Warga menonton tampilan drone dan kembang api terlihat di cakrawala menjelang Piala Dunia FIFA di Doha, Qatar, Sabtu, 19 November 2022. Tampilan drone berbunyi dalam bahasa Arab: "Selamat datang di Qatar." (Foto: AP)

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Qatar mengalihkan ribuan penggemar sepak bola pada hari Sabtu (19/11) malam dari konser merayakan Piala Dunia yang dimulai keesokan harinya di Qatar. Ini mengungkapkan tantangan ke depan bagi Doha saat mencoba mengelola kerumunan di turnamen paling padat yang pernah ada.

Penggemar yang kecewa akhirnya berbalik dengan tenang. Di luar venue, polisi Qatar, penjaga keamanan, dan lainnya memandu ribuan orang pergi dengan jari-jari busa raksasa, pengeras suara, dan tongkat pengatur lalu lintas yang berkedip.

Tapi konser yang melimpah datang sebelum sisa 1,2 juta penggemar yang diharapkan hadir di turnamen tiba di negara kecil di Jazirah Arab ini.

Dan dengan Qatar yang baru memutuskan pada hari Jumat untuk melarang penjualan bir dari stadion turnamen, zona penggemar seperti yang ada di corniche tempat konser akan menjadi satu-satunya area terkait FIFA yang berarti lebih banyak penggemar dapat tertahan di sana.

"Kami tahu apa yang dikatakan polisi di sini," kata seorang pengemudi truk berusia 30 tahun dari Mumbai, yang menolak menyebutkan namanya karena takut akan pembalasan. Dia dan teman-temannya mendapat hari libur yang langka dari Pelabuhan Hamad untuk berjalan sejauh enam kilometer ke zona penggemar (Fan Zone) sebelum ditolak pergi.

“Kami sedih untuk pergi karena terlalu dini,” tambahnya. "Tidak ada yang bisa kita lakukan."

Komite Tertinggi Warisan Qatar, yang mengawasi Piala Dunia, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada The Associated Press bahwa "sangat senang" dengan dibukanya Fan Zone. “Acara ini mencapai kapasitas 40.000 orang, ... pertanda kesuksesan dan popularitasnya,” kata panitia.

Qatar, berpenduduk juta orang, akan melihat populasinya membengkak saat turnamen dimulai. Ini telah menghabiskan lebih dari US$ 200 miliar (setara Rp 3.100 triliun) untuk perbaikan di negara kaya energi ini menjadi sedikit lebih besar dari Jamaika.

Itu termasuk sistem metro bawah tanah baru yang luas yang dapat membawa penggemar dari bandara ke pertandingan. Bahkan telah menutup sekolah selama sebulan dan mendesak warga untuk bekerja dari rumah.

Tapi jurnalis AP telah melihat titik-titik darurat di mana banyak orang dapat berkumpul bersama bahkan sebelum turnamen dimulai.

Di Souq Waqif Doha, tujuan wisata utama, jalan setapak di antara restoran luar ruangan dengan cepat memenuhi bahujalan pada Jumat malam. Stasiun metro terdekatnya melihat antrean panjang, dengan beberapa mendorong untuk naik kereta.

Sabtu malam, bagaimanapun, dimulai dengan lebih lancar karena Jumat adalah hari libur wajib bagi semua pekerja di negara ini. Lebih sedikit orang yang berhenti di corniche saat pertunjukan kembang api besar-besaran tiba-tiba menyala menyinari cakrawala Doha yang berkilauan hingga orang-orang yang lewat terpesona.

Namun, tepat setelah jam 20:00 malam, kerumunan memadati Fan Zone, berharap untuk menghadiri konser yang menampilkan penyanyi Lebanon, Myriam Fares, dan penyanyi Kolombia, Maluma. Tapi saat ratusan orang berdesakan di dalam, ribuan lainnya menunggu di luar venue.

Di satu pintu keluar, kerumunan mencoba berdebat untuk masuk, dengan beberapa penonton melewati penjaga. Di pintu masuk, seorang penjaga keamanan dengan pengeras suara memohon kepada orang banyak: "Demi keselamatan Anda, silakan kembali!"

Polisi menunggang kuda di satu titik di area fan holding, serta satu kendaraan polisi lapis baja yang diparkir di luar di dekatnya. Beberapa peserta melompati penghalang dan polisi Qatar pada satu titik menahan kerumunan.

Namun, beberapa pengunjung tetap tinggal dan menunggu, berharap mendapat kesempatan untuk masuk, seperti Ayman Awad, seorang ahli geologi yang terbang ke Qatar pada hari Sabtu dari Sudan. “Saya tidak akan menyerah,” kata Awad. "Kuharap tidak seramai ini."

Banyak penggemar asing, menyadari pembatasan Qatar pada kebebasan berbicara, waspada mengkritik negara tuan rumah saat mereka menunggu. Sekelompok turis Arab Saudi yang mengungkapkan kekecewaannya atas situasi tersebut kepada seorang jurnalis AP kemudian menarik kembali kutipan mereka karena takut pada masalah “politik”.

Zona Penggemar di Taman Al Bidda juga merencanakan konser besar lainnya selama turnamen. Tapi itu menjadi area terkenal baru setelah keputusan hari Jumat untuk melarang penjualan minuman beralkohol di stadion: Ini akan menjadi salah satu dari sedikit tempat di luar bar hotel dan tempat tinggal pribadi di mana penggemar dapat minum sambil berpesta di negara Islam konservatif ini.

Pada hari Sabtu malam, serangkaian panggilan cepat ke beberapa bar di Teluk Barat Doha, area yang penuh dengan hotel kelas atas, menemukan bahwa semua telah dipesan penuh pada malam sebelum turnamen karena Fan Zone ditutup.

Namun ujian sebenarnya akan dimulai hari Minggu, saat Ekuador menghadapi Qatar di pertandingan pembuka dan penyisihan grup, dengan penonton yang akan datang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home