Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:58 WIB | Selasa, 10 Desember 2013

Rangkaian Upacara Penghormatan dan Pemakaman Nelson Mandela

Foto yang diunggah oleh warga Afrika Selatan di akun Twitter di Mail and Guardian, tentang warga yang mulai memasuki stadion di Johanesburg untuk upacara resmi penghormatan bagi Mandela.

JOHANESBURG, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Afrika Selatan mulai Selasa (10/12) menyelenggarakan upacara untuk penghormatan dan pemakaman bagi Nelson Mandela.

Kegiatan itu terutama secara resmi dimulai hari Minggu (8/12) di mana seluruh rakyat Afsel mengadakan doa bagi pemimpin mereka, Mandela.

Rincian kegiatan upacara yang sampaikan oleh pemerintah Afsel dalam pekan ini hingga pemakamannya pada Minggu (15/12) adalah:

Selasa, 10 Desember: Hari untuk upacara resmi penghormatan di Stadion FNB di Soweto, dan akan dipimpin oleh Presiden Afsel, Jacob Zuma, dan akan dihadiri oleh sejumlah tamu kepala negara dan kepala pemerintahan negara lain.

Kegiatan dalam upacara penghormatan dan peringatan bagi Mandela ini akan ditampilkan pada layar besar  secara bersamaan di tiga stadion: Orlando, Dobsonville dan Rand. Dengan layar besar itu, rakyat juga bisa mengikuti upacara tersebut di ketiga tempat itu.

Rabu-Jumat, 11-13 Desember: Pengunjung internasional  dan tamu yang dipilih akan mendapatkan kesempatan  melihat  jenazah Mandela di Union Buildings di Pretoria. Masyarakat akan dapat melihatnya pada pukul  12:00-17:30 waktu setempat pada hari Rabu, dan pukul 8:00-17:30 waktu setempat pada hari Kamis dan Jumat.

Setiap pagi jenazah Mandela akan diambil dari kamar jenazah dan dibawa ke balai kota melalui jalan-jalan Pretoria . Anggota masyarakat yang ingin menyampaikan penghormatan diminta untuk membentukm barisan di sepanjang rute perjalanan  dan membentuk  penjaga kehormatan.

Sabtu, 14 Desember: Jenazah Mandela akan dibawa dari Waterkloof Air Force Base di Pretoria ke Cape Timur, dan disambut dengan  sebuah prosesi dari bandara di Mthatha, di dekat kampung halamannya,  Qunu, di mana upacara secara tradisional akan diadakan di sana.

Minggu, 15 Desember: Upacara pemakaman bagi mendiang Mandela akan diselenggarakan di desa Qunu yang akan menggunakan ritual Thembu dari suku Xhosa.

Senin, 16 Desember: Hari nasional rekonsiliasi akan diselenggarakan dengan ditandai peresmian  sebuah patung sosok Nelson Mandela yang dibangun  di Union Buildings di Pretoria.

Untuk membantu rakyat Afrika selatan mengikuti seluruh upacara penghormatan dan pemakaman tokoh rekonsiliasi yang memiliki nama lengkap Nelson Rolilahla Mandela itu, sebanyak 90 layar besar akan dibentangkan di seluruh negeri.

Dari layar itu akan ditayangkan seluruh kegiatan dalam upacara penghormatan dan pemakaman bagi Mandela. Seluruh kegiatan itu dinyatakan sebagai even nasional.

Selain itu, di seluruh negari, pada semua  bangunan, secara resmi  mengibarkan bendera nasional Afrika Selatan setengah tiang, sepanjang upacara secara resmi untuk penghormatan dan pemakaman Mandela.

Buku-buku untuk menyampaikan pesan dan ucapan  belasungkawa  juga beredar di seluruh negeri , termasuk secara online untuk semua orang untuk menyampaikan kenangan, mencatat kenangan dan mengekspresikan perasaan mereka. Buku itu juga tersedia di seluruh kedutaan Afrika Selatan di seluruh dunia. (dari berbagai sumber)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home