Loading...
RELIGI
Penulis: Eben Ezer Siadari 23:09 WIB | Jumat, 03 April 2015

RI Bukan Lagi Negara Muslim Terbesar Dunia di 2050

Ilustrasi Kerukunan beragama. Berbagai elemen mahasiswa yang tergabung dalam Kaum Muda Lintas Agama (KM_LiMa)-Bandung membawakan obor ke halaman Gereja Katolik Katedral St. Petrus, Bandung, Jawa Barat, Kamis (24/12/2013) malam. Dalam aksi simpatiknya KM_LiMa ingin menunjukkan wajah baru Indonesia kepada masyarakat dunia, yang berdasarkan pada multikultural bangsa, khususnya atas perbedaan agama dan keyakinan. (FOTO ANTARA/Agus Bebeng)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Pada tahun 2050 agama Hindu akan menjadi agama  nomor tiga terbanyak penganutnya di dunia dan nomor satu di India. Namun, pertumbuhan penduduk Muslim di negara ini juga sangat pesat, sehingga Indonesia diprediksi tidak akan lagi sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia empat dekade mendatang, karena posisinya digeser oleh India.

Hal ini terungkap dalam sebuah studi yang dilakukan  oleh Pew Research Center (PRC) yang berbasis di Washington, sebuah lembaga riset data demografis, media dan isu-isu sosial global, yang dalam studi terbarunya menyajikan prediksi profil agama-agama di dunia.

Menurut studi yang dilansir pada hari Kamis (3/4) itu, populasi agama Hindu akan meningkat 34 persen di seluruh dunia, dari satu miliar lebih sedikit ke hampir 1,4 miliar pada 2050.

Pada tahun 2050, menurut laporan itu, agama Hindu menduduki posisi ketiga berdasarkan juumlah penganutnya, yaitu 14,9 persen dari total jumlah penduduk dunia. Menyusul di posisi keempat adalah orang-orang yang tidak berafiliasi pada agama tertentu yang jumlahnya diperkirakan mencapai 13,2 persen dari total penduduk dunia.

Sementara itu, pertumbuhan penganut agama Islam diperkirakan paling tinggi di dunia dibandingkan Hindu dan Kristen. Meskipun demikian, dalam empat dekade ke depan, agama Kristen masih merupakan agama mayoritas dunia.

Pada tahun 2050, menurut laporan PRC, penduduk dunia yang beragama Kristen akan mencapai 2,9 miliar atau 31 persen dari seluruh penduduk dunia, sedangkan penduduk dunia yang beragama Islam mencapai 2,8 miliar atau 30 persen dari total populasi dunia.

Di India, agama Hindu masih akan tetap menjadi agama mayoritas, namun negara itu juga akan menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar dunia, mengalahkan Indonesia.

"Populasi Muslim India bertumbuh dengan cepat. Walaupun India akan tetap berpenduduk mayoritas Hindu, diproyeksikan negara ini akan menjadi negara berpenduduk Muslim terbesar dunia, melewati Indonesia," demikian laporan PRC.

Hanya saja tidak disajikan perbandingan angka kedua negara.

Menurut data sensus pemerintah India, pada 2011 secara nasional penduduk Muslim negara itu naik menjadi 14,2 persen dari total penduduk dibandingkan dengan  13,4 persen pada 2001.

Negara bagian Assam mencatat pertumbuhan tertinggi, dari 30,9 persen total penduduk Assam pada 2001 melonjak menjadi 34,2 persen pada 2011.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home