Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 13:13 WIB | Sabtu, 20 Februari 2016

RI Dukung Palestina di Holiday World Praha

Dubes RI untuk Ceko Aulia Aman Rachman (kiri) saat memberi nama bayi buaya di kebun binatang Jihlava Ceko, 28 Desember 2015. (Foto: indonesia.cz)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Indonesia menegaskan dukungan terhadap Palestina melalui pariwisata dalam ajang Holiday World 2016, yang berlangsung di Praha, Ceko dari tanggal 18 hingga 21 Februari mendatang.

Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Praha, Fitriyani Riduan di London, pada hari Sabtu (20/2) mengatakan partisipasi KBRI Praha, pada pameran wisata Holiday World 2016, ke-25 menandai `pesta perak, diresmikan Menteri Pembangunan Daerah dan Pariwisata Ceko, Karla Slechtova merupakan pameran wisata terbesar di kawasan Eropa Tengah.

Menteri Slechtova, yang didampingi Menteri Pariwisata Palestina, Rula Ma,ay,ahas, singgah di paviliun Indonesia dan disambut hangat Dubes RI untuk Ceko, Aulia Aman Rachman yang mendiskusikan dan bertukar pikiran dalam suasana yang bersahabat. 

Menteri Slechtova menyampaikan apresiasi atas kontinuitas KBRI Praha dalam mewakili Indonesia berpartisipasi pada Holiday World. Ia juga mengapresiasi konsep paviliun Indonesia yang sederhana namun menampilkan kekayaan tujuan wisata dan budaya Indonesia.

Sementara itu, menyikapi kehadiran Menteri Pariwisata Palestina, Rula Ma`ay`ahas, Dubes Aulia menegaskan dukungan Indonesia terhadap Palestina. Dalam kaitan itu, Dubes Aulia menyambut baik partisipasi perdana Palestina pada Holiday World dan menyatakan kesiapan untuk meningkatkan kerja sama dengan perwakilan Palestina di Praha pada berbagai bidang.

Menteri Slechtova kembali menyatakan keinginannya berkunjung ke Indonesia guna lebih mempererat kerja sama bidang pariwisata, Dubes Aulia menyatakan kesiapannya mewujudkan rencana kunjungan dan sepakat akan meningkatkan kerja sama pariwisata kedua negara yang akhirnya meningkatkan saling kunjung antar warga negaranya.

Partisipasi KBRI Praha pada tahun 2016 memasuki tahun ke tujuh pada pameran dihelat di area seluas 18 km persegi menghadirkan tidak kurang dari 650 peserta dari 48 negara mengsung konsep sederhana dan terbuka yang melambangkan keterbukaan dan keramahtamahan Indonesia.

KBRI Praha memanfaatkan partisipasi sebagai wahana promosi menyeluruh yang terdiri atas promosi pariwisata, produk unggulan, seni budaya dan kuliner Indonesia melibatkan sejumlah mitra asal Ceko. Mewakili produk unggulan, KBRI Praha menggandeng importir mebel Ceko, Firma Kopa, menampilkan furniture yang diimpor dari Indonesia.

KBRI Praha juga menggandeng sejumlah biro perjalanan wisata Ceko, seperti Aquatravel, Sea Lady, dan Relax Bali yang menawarkan paket wisata. Sedangkan promosi kopi KBRI Praha menggandeng sekolah barista terkenal di Praha, Skola Kavy mengoperasikan pojok kopi yang disandingkan dengan berbagai suguhan kuliner khas Indonesia.

Untuk promosi seni budaya, KBRI Praha melibatkan mantan penerima beasiswa Dharmasiswa asal Ceko menampilkan demo pembuatan batik. Sementara pertunjukan kebudayaan menggandeng Sanggar Kintari, sanggar asli Ceko yang menekuni budaya Indonesia.

Pameran terpadu ini adalah salah satu perwujudan promosi dalam meningkatkan perdagangan, pariwisata, dan investasi (trade, tourism and investment TTI) yang menjadi prioritas Pemerintah Indonesia. 

Dubes Aulia mengatakan kulminasi strategi promosi TTI KBRI Praha tahun 2016 adalah dipilihnya Indonesia sebagai Guest Country of Honor pada Holiday World 2017. Untuk mencapai sasaran tersebut, diharapakan dukungan seluruh pemangku kepentingan di tanah air. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home