Loading...
INDONESIA
Penulis: Martha Lusiana 09:26 WIB | Kamis, 30 April 2015

Ribuan Buruh akan Berkumpul di Bundaran HI

Ribuan buruh memperingati Hari Buruh dengan berunjuk rasa di sekitar pusat kota Jakarta 2014 lalu. (Foto: asiancorrespondent.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ribuan buruh dari sejumlah daerah kabarnya akan bertandang ke Jakarta untuk menggelar aksi unjuk rasa pada Hari Buruh, 1 Mei besok. Pemerintah berharap, para buruh dapat menyampaikan aspirasi secara baik dan benar tanpa ada aksi anarkis yang dapat merugikan banyak pihak.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) DKI Jakarta, Ratiyono sebagaiman dilansir dari laman resmi beritajakarta.com.

“May Day merupakan hari kebahagiaan bagi para buruh, sehingga pelaksanaannya diisi dengan kegiatan yang menggembirakan, bukan mencekam,” ujar Ratiyono.

Rencananya para buruh akan melakukan longmarch dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) menuju Istana Negara untuk menyampaikan tuntutannya.

Selain itu, Kesbangpol di enam wilayah se-DKI Jakarta juga akan mengadakan sejumlah kegiatan untuk merayakan May Day di Ibu Kota.

“Wali Kota Jakarta Selatan telah menyiapkan berbagai kegiatan sosial di Lapangan Blok S pada Hari Buruh, seperti donor darah, pasar murah, dan sebagainya. Sedangkan di Jakarta Utara, ribuan buruh pelabuhan akan berekreasi ke Ancol,” katanya. 

Ratiyono menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mendukung aspirasi yang disuarakan oleh para buruh demi peningkatan kesejahteraan. Namun, hal itu juga mesti memperhatikan kondisi keuangan perusahaan.

Kantor Kesbangpol Jakarta Timur melaporkan, sebanyak 3.000 buruh akan berkumpul di kawasan industri Pulogadung dan rencananya akan ada ribuan buruh dari Bekasi yang melintas dan bergabung bersama menuju Istana Negara.

Sementara itu, menurut laporan Kesbangpol Jakarta Utara, ribuan buruh juga bakal menggelar aksi unjuk rasa di Pos 9 Pelabuhan Tanjung Priok dan selanjutnya pada siang hari menuju Bundaran HI untuk berkumpul bersama buruh lainnya.

Adapun Kesbangpol Jakarta Pusat telah mempersiapkan sebanyak dua mobil tangki air bersih di lokasi unjuk rasa buruh. Penyediaan air bersih untuk buruh yang nanti menunaikan salat Jumat mengingat hari buruh 1 Mei 2015 bertepatan pada hari Jumat.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home