Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:03 WIB | Sabtu, 03 September 2022

Ribuan Pelayat Memberi Penghormatan pada Mihkail Gorbachev

Ribuan Pelayat Memberi Penghormatan pada Mihkail Gorbachev
Orang-orang berjalan melewati peti mati mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, di dalam Pilar Hall House of the Unions selama upacara perpisahan di Moskow, Rusia, Sabtu, 3 September 2022. (Foto: AP/Alexander Zemlanichenko)
Ribuan Pelayat Memberi Penghormatan pada Mihkail Gorbachev
Putri mantan Presiden Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, Irina, tengah, menghadiri upacara perpisahan di Moskow, Rusia, Sabtu, 3 September 2022 (Foto AP/Alexander Zemlanichenko)
Ribuan Pelayat Memberi Penghormatan pada Mihkail Gorbachev
Orang-orang berbaris untuk memberikan penghormatan terakhir di peti mati mantan Presiden Soviet Mikhail Gorbachev di luar Aula Pilar House of the Unions selama upacara perpisahan di Moskow, Rusia, Sabtu, 3 September 2022. (Foto AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Ribuan pelayat berbaris pada hari Sabtu (3/9) untuk memberikan penghormatan kepada mantan pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev, yang meluncurkan reformasi drastis yang membantu mengakhiri Perang Dingin dan mempercepat pecahnya Uni Soviet, dalam perpisahan yang dihina oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Penolakan Kremlin untuk mengumumkan pemakaman kenegaraan mencerminkan kegelisahannya tentang warisan Gorbachev, yang telah dihormati di seluruh dunia karena meruntuhkan Tirai Besi tetapi dicerca oleh banyak orang di dalam negeri atas keruntuhan Uni Soviet dan krisis ekonomi berikutnya yang menjerumuskan jutaan orang ke dalam kemiskinan.

Pada hari Kamis, Putin secara pribadi meletakkan bunga di peti mati Gorbachev di rumah sakit Moskow tempat dia meninggal. Kremlin mengatakan jadwal sibuk presiden akan menyebabkan tidak bisa menghadiri pemakaman.

Ditanya bisnis spesifik apa yang akan membuat Putin sibuk pada hari Sabtu, juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan kepada wartawan bahwa presiden akan mengadakan serangkaian pertemuan kerja, panggilan telepon internasional dan kebutuhan untuk mempersiapkan forum bisnis di Timur Jauh Rusia yang dijadwalkan untuk dihadiri pekan depan.

Gorbachev, yang meninggal Selasa pada usia 91 tahun, akan dimakamkan di pemakaman Novodevichy Moskow di sebelah istrinya, Raisa, setelah upacara perpisahan di Aula Pilar House of the Unions, sebuah rumah mewah abad ke-18 di dekat Kremlin yang memiliki berfungsi sebagai tempat pemakaman kenegaraan sejak zaman Soviet.

Pada upacara hari Sabtu (3/9), pelayat melewati peti mati terbuka Gorbachev yang diapit oleh penjaga kehormatan, meletakkan bunga saat musik khusyuk dimainkan. Putri Gorbachev, Irina, dan dua cucu perempuannya duduk di samping peti mati.

Aula megah dengan lampu gantung yang dibatasi oleh tiang-tiang yang menjadi tempat pesta dansa untuk kaum bangsawan di bawah tsar dan berfungsi sebagai tempat pertemuan tingkat tinggi dan kongres bersama dengan pemakaman kenegaraan selama masa Soviet.

Saat memasuki gedung, pelayat melihat penjaga kehormatan mengapit foto besar Gorbachev berdiri dengan senyum lebar, pengingat semangat ceria yang dia bawa ke kepemimpinan Soviet setelah serangkaian masa lalu, pendahulu yang sakit.

Jumlah pelayat cukup besar sehingga diperpanjang lebih dari satu jam di luar dua jam yang dinyatakan.

Terlepas dari pilihan tempat bergengsi untuk upacara perpisahan, Kremlin berhenti menyebutnya sebagai pemakaman kenegaraan, dengan Peskov mengatakan upacara tersebut akan memiliki "elemen" satu, seperti penjaga kehormatan, dan bantuan pemerintah dalam mengaturnya. Dia tidak akan menjelaskan bagaimana hal itu akan berbeda dari pemakaman kenegaraan yang lengkap.

Mendeklarasikan pemakaman kenegaraan untuk Gorbachev akan mewajibkan Putin untuk menghadirinya dan akan mengharuskan Moskow untuk mengundang para pemimpin asing, sesuatu yang tampaknya enggan dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan dengan Barat setelah mengirim pasukan ke Ukraina.

Dmitry Medvedev, wakil kepala Dewan Keamanan Rusia yang diketuai oleh Putin yang menjabat sebagai presiden Rusia pada 2008-2012, muncul pada upacara perpisahan tersebut. Dia kemudian merilis sebuah posting di saluran aplikasi perpesanan, merujuk pada keruntuhan Uni Soviet tahun 1991 dan menuduh AS dan sekutunya mencoba merekayasa perpecahan Rusia, sebuah kebijakan yang dia gambarkan sebagai “permainan catur dengan kematian.”

Perdana Menteri Hongaria, Viktor Orban, yang sering mengkritik sanksi Barat terhadap Rusia, menghadiri perpisahan pada hari Sabtu. Para duta besar AS, Inggris dan Jerman juga hadir.

Upacara sederhana itu kontras dengan pemakaman kenegaraan tahun 2007 yang mewah yang diberikan kepada Boris Yeltsin, pemimpin pertama Rusia pasca Uni Soviet yang mengangkat Putin sebagai pengganti pilihannya dan menyiapkan panggung baginya untuk memenangkan kursi kepresidenan dengan mengundurkan diri.

Acara perpisahan dibayangi oleh kesadaran bahwa keterbukaan yang diperjuangkan Gorbachev telah dilumpuhkan di bawah Putin.

“Saya ingin berterima kasih kepadanya atas kebebasan masa kecil saya, yang tidak kita miliki hari ini,” kata pelayat Ilya, seorang pekerja jasa keuangan berusia awal 30-an yang menolak memberikan nama belakangnya. “Saya adalah putra perestroika,” katanya, menggunakan kata Rusia untuk reformasi, atau rekonstruksi, inisiatif Gorbachev.

Putin, yang pernah menyesali runtuhnya Uni Soviet sebagai “bencana geopolitik terbesar abad ini,” telah menghindari kritik pribadi yang eksplisit terhadap Gorbachev tetapi telah berulang kali menyalahkannya karena gagal mengamankan komitmen tertulis dari Barat yang akan mengesampingkan ekspansi NATO ke arah timur. Masalah ini telah merusak hubungan Rusia-Barat selama beberapa dekade dan memicu ketegangan yang meledak ketika pemimpin Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari.

Dalam surat belasungkawa yang diungkapkan dengan hati-hati yang dirilis hari Rabu untuk menghindari pujian atau kritik eksplisit, Putin menggambarkan Gorbachev sebagai orang yang meninggalkan “dampak besar pada jalannya sejarah dunia.”

“Dia memimpin negara selama perubahan yang sulit dan dramatis, di tengah kebijakan luar negeri skala besar, tantangan ekonomi dan masyarakat,” kata Putin. “Dia sangat menyadari bahwa reformasi diperlukan dan mencoba menawarkan solusi untuk masalah akut.”

Ambivalensi Kremlin tentang Gorbachev tercermin dalam siaran televisi negara, yang menggambarkan sikapnya di seluruh dunia dan harapan besar yang dihasilkan oleh reformasinya, tetapi menganggapnya bertanggung jawab karena menjerumuskan negara ke dalam kekacauan politik dan kesengsaraan ekonomi dan gagal membela kepentingan negara dengan benar dalam pembicaraan dengan Barat. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home