Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:04 WIB | Senin, 12 Mei 2014

Sadar Pluralitas, WOCATI Perkuat Inisiatif Pendidikan Teologi

Para peserta dalam pertemuan WOCATI di Jenewa, Swiss. (Foto: oikumene.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Dengan meningkatnya kesadaran pluralitas dalam pendidikan teologi sebagai akibat dari perubahan ‘wajah’ Kristen dan realitas dengan adanya kerja sama antara gereja dengan agama-agama lain, anggota komite eksekutif Konferensi Dunia Asosiasi Lembaga Teologi (World Conference of Associations of Theological Institutions/WOCATI) menegaskan tentang komitmen mereka untuk bekerja sama, berbagi informasi dan membangun jaringan kerjasama untuk memperkuat inisiatif dalam pendidikan teologi di seluruh dunia.

Seperti yang dilansir oleh oikumene.org pada Jumat (9/3), anggota komite eksekutif WOCATI bertemu sejak tanggal 1-3 Mei 2014 di John Knox Centre di Jenewa, Swiss.

Jaringan global yang diprakarsai oleh Pendidikan Teologi Ekumenikal Dewan Gereja Dunia pada tahun 1989, WOCATI mempromosikan jaringan lembaga teologis dan memastikan dialog pendidikan teologi tersebut ditindaklanjuti.

Pada pertemuan di Jenewa, peserta membahas bagaimana WOCATI dapat merespon lebih baik untuk perkembangan saat ini dalam bidang pendidikan dan perubahan lingkup ekumenis. Para peserta juga sepakat untuk mengembangkan rencana aksi yang berorientasi, mengusulkan perpanjangan kerangka struktural WOCATI untuk meningkatkan keanggotaan dan memenuhi harapan anggotanya.

Anggota komite eksekutif WOCATI mengumumkan sebuah konferensi tentang “Pendidikan Teologi dan Seksualitas Manusia secara Global” yang akan berlangsung dari 16-20 Juni 2015 di Institut Ekumenikal di Bossey. Acara ini berfokus pada tema yang berkaitan dengan keadilan dan perdamaian. Dalam konferensi ini akan diadakan dialog di kalangan sarjana teologi, ekumenis, pendeta dan praktisi pendidikan teologi dan pelayanan kesehatan. (oikumene.org)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home