Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 17:37 WIB | Jumat, 28 Februari 2014

Salinan Mein Kampf Bertanda Tangan Hitler Terjual Rp 754 Juta

Buku Mein Kampf bertanda tangan Hitler. (Foto: AFP)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM - Dua salinan buku Mein Kampf (Perjuangan Saya) langka bertanda tangan pemimpin Nazi Adolf Hitler berhasil terjual 64.850 dolar AS (sekitar Rp 754 juta) di Los Angeles, Amerika Serikat, Kamis (27/2), kata sebuah balai lelang.

Buku yang terdiri atas dua volume, edisi pertama dan kedua, dari manifesto politik Fuehrer Jerman itu sebelumnya diperkirakan bakal terjual 20-25.000 dolar AS (sekitar Rp 232 juta- Rp 291 juta) dalam pelelangan yang diselenggarakan oleh Nate D Sanders Auctions.

Sebelas orang mengajukan penawaran untuk volume tersebut, keduanya ditandatangani oleh Hitler dan didedikasikan untuk Josef Bauer, anggota Partai Nazi awal dan pemimpin Beer Hall Putsch pada 1923 yang berupaya untuk menggulingkan Pemerintahan Bavaria.

Hitler kemungkinan memberikannya kepada Bauer sebagai hadiah Natal pada 1925 atau 1926, mengucapkan selamat liburan, kata juru lelang.

Mereka menyebut buku tersebut “satu set buku bertandatangan yang telah sia-sia memperingatkan dunia tentang niatan Hitler”, seraya menambahkan buku tersebut menjadi lebih langka karena didedikasikan untuk sesama pemimpin Nazi.

Hitler muda menulis Mein Kampf di penjara, menetapkan doktrin politik dan menyalahkan kesengsaraan Jerman atas berbagai kelompok termasuk Yahudi dan Marxis.

Setelah Hitler naik ke tampuk kekuasaan pada 1933, jutaan eksemplar diterbitkan. Pada 1936, negara Nazi itu memberikan salinan ke semua pengantin baru sebagai hadiah. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home