Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:12 WIB | Sabtu, 14 Oktober 2023

Salman Rushdie Terbitkan Memoar Serangan Yang Membuat Satu Matanya Buta

Salman Rushdie Terbitkan Memoar Serangan Yang Membuat Satu Matanya Buta
Salman Rushdie. (Foto: dok. AP/Frank Franklin II)
Salman Rushdie Terbitkan Memoar Serangan Yang Membuat Satu Matanya Buta
Gambar sampul buku yang dirilis oleh Random House ini menunjukkan "Knife: Meditations After an Attempted Murder" oleh Salman Rushdie. Buku tentang upaya pembunuhan yang menyebabkan mata kanannya buta, akan diterbitkan pada 16 April. (Foto: Random House via AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Penulis Salman Rushdie menerbitkan memoar tentang serangan mengerikan yang membuatnya buta di mata kanannya dan tangan kirinya rusak. Buku berjudul “Knife: Meditations After an Attempted Murder” akan diterbitkan pada 16 April.

“Ini adalah buku yang perlu saya tulis: sebuah cara untuk mengambil alih apa yang terjadi, dan menjawab kekerasan dengan seni,” kata Rushdie dalam sebuah pernyataan yang dirilis hari Rabu (11/10) oleh Penguin Random House.

Agustus lalu, Rushdie ditikam berulang kali di bagian leher dan perut oleh seorang pria yang bergegas menuju panggung saat penulis hendak memberikan ceramah di bagian barat New York. Penyerang, Hadi Matar, mengaku tidak bersalah atas tuduhan penyerangan dan percobaan pembunuhan.

Beberapa waktu setelah Ayatollah Agung Ruhollah Khomeini dari Iran mengeluarkan fatwa pada tahun 1989 yang menyerukan kematian Rushdie atas tuduhan penistaan agama dalam novelnya “The Setan Verses” (Ayat-ayat Setan), penulisnya hidup dalam isolasi dan dengan keamanan 24 jam. Namun selama bertahun-tahun sejak itu, dia berpindah-pindah dengan sedikit batasan, hingga terjadi penikaman di Lembaga Chautauqua.

“Knife” setebal 256 halaman akan diterbitkan di Amerika Serikat oleh Random House, perusahaan penerbitan Penguin Random House yang awal tahun ini merilis novelnya “Victory City,” yang diselesaikan sebelum serangan tersebut. Karya-karyanya yang lain termasuk “Midnight’s Children,” “Shame” dan “The Moor’s Last Sigh” yang memenangkan Booker Prize. Rushdie juga seorang pendukung kebebasan berekspresi dan mantan presiden PEN Amerika.

“‘Knife’ adalah buku yang membakar, dan pengingat akan kekuatan kata-kata untuk memahami hal-hal yang tidak terpikirkan,” kata CEO Penguin Random House, Nihar Malaviya, dalam sebuah pernyataan. “Kami merasa terhormat untuk mempublikasikannya, dan kagum dengan tekad Salman untuk menceritakan kisahnya, dan kembali ke pekerjaan yang dia cintai.”

Rushdie, 76 tahun, berbicara dengan The New Yorker tentang cobaan berat yang dialaminya, mengatakan kepada pewawancara David Remnick untuk terbitan Februari bahwa dia telah bekerja keras untuk menghindari “tuduhan dan kepahitan” dan bertekad untuk “melihat ke depan dan bukan ke belakang.”

Dia juga mengatakan bahwa dia sedang berjuang untuk menulis fiksi, seperti yang dia alami pada tahun-tahun setelah fatwa tersebut, dan bahwa dia mungkin malah menulis memoar. Rushdie menulis panjang lebar, dan sebagai orang ketiga, tentang fatwa dalam memoarnya tahun 2012, “Joseph Anton.”

“Bagi saya, ini tidak terasa seperti orang ketiga,” kata Rushdie tentang serangan tahun 2022 dalam wawancara majalah. “Saya pikir ketika seseorang menusukkan pisau ke tubuh Anda, itu adalah cerita orang pertama. Itu adalah cerita 'aku'.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home