Loading...
INSPIRASI
Penulis: Doni Setyawan 07:49 WIB | Jumat, 29 Juli 2016

Saluran Air yang Bermasalah

Semua manusia berasal dari Sumber yang Baik.
Sumber air (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Beberapa hari terakhir, air yang masuk ke kamar mandi rumah kami tidak lancar dan kotor. Keruh dan sering kali ada kotoran. Keadaan ini membuat kami gelisah serta tidak nyaman saat ingin, minum, juga mandi.

Jalan keluar cepat yang kami tempuh adalah membeli air galon untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, itu bukan solusi terbaik. Justru menimbulkan persoalan baru: membengkaknya biaya untuk kebutuhan air dalam keluarga.

Demi mengatasi persoalan, kami pun mengecek sumber mata air, tempat di mana kami mengambil air untuk kebutuhan sehari-hari. Ternyata, mata air dalam keadaan baik, bersih, dan tiada sampah apa pun.

Ini yang membuat kami semakin bingung. Dalam kebingungan, kami pulang dengan mengikuti arah saluran air yang menggunakan pipa.  Di tengah perjalanan kami melihat ada air yang mengalir dan berasal dari saluran pipa air kami. Setelah kami cek, ternyata pipa saluran air kami pecah, sehingga ada air yang keluar dan ada juga kotoran masuk melalui pipa yang  pecah itu. Kemudian kami pulang, untuk kembali memperbaiki saluran air kami. Usai semua itu, air yang sampai ke kamar mandi kami pun jernih kembali. Persoalan air terselesaikan.

Kehidupan manusia merupakan sebuah proses panjang. Dalam proses itu kita kadang berjumpa dengan aneka masalah. Sejatinya, sumber atau asal-muasal manusia itu dari yang baik dan akan berjalan untuk tujuan baik. Namun, sering di tengah perjalanan manusia mengalami hal yang tidak baik sehingga menjadikan sekitarnya pun tidak baik. Mencari solusi adalah jalan keluar, Dan jika sudah menemukan pokok persoalan dan  diselesaikan, maka selesailah semuanya.

Demikian juga dengan mendidik anak. Jika salah dalam proses mendidikya, maka  akan menghasilkan ketidakbaikan. Dan juga, saat salah mendiagnosis kesalahan, maka solusinya pun akan selalu gagal. Karena itu, belajarlah dari kisah sederhana—kisah saluran air yang rusak ini.

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home