Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 15:49 WIB | Selasa, 06 Desember 2016

Sasar Drainase, Ahok-Djarot Akan Bebaskan DKI dari Banjir

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat saat melayani pertanyaan para wartawan. (Foto: Febriana D.H)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Masih adanya genangan banjir di DKI Jakarta, menggerakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat untuk menjadikan sistem drainase sebagai salah satu program utama dalam membebaskan Jakarta dari banjir.

“Jakarta memang masih ada yang banjir, tapi tidak lama. Rata-rata itu karena drainase kecil, dangkal, dan banyak sampah. Meski PPSU sudah ada dan membersihkan, tapi jika drainase  tetap begitu maka tetap bisa banjir. Ini yang akan menjadi fokus kami juga,” ujar Djarot, hari Selasa (6/12) siang, di Jakarta Selatan.

Ia menerangkan pentingnya terdapat sumur serapan, terutama di daerah yang berkontur cekung.

“Harus ada sumur resapan di daerah yang cekung. Ini bisa dibuat dengan pola gotong royong dengan melibatkan warga juga,” ujar dia.

Perihal pemeliharaan sungai, Djarot menjelaskan tak hanya membangun tetapi juga harus dilaksanakan peremajaan. Hal itu akan ditempuh dengan membangun sungai yang jauh dari kesan kumuh. Ia optimis mampu membangun sungai-sungai yang indah seperti halnya yang ada di luar negeri.

“Sungai-sungai akan dibuat seperti di Cheonggyeon Stream, Seoul dengan pemasangan sheet pile serta penghijauan tanggul badan sungai. Saat ini bisa dilihat di Banjar Kanal Timur, Jakarta Timur, yang di sekitar sungai orang bisa jogging dan bersepeda dengan nyaman,” ujar dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home