Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:37 WIB | Senin, 28 September 2015

SBY Harapkan Pemerintah Arab Saudi Lakukan Perbaikan Besar

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat memberi kata sambutan sebelum membuka acara Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat 2014 di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, hari Minggu (18/5) (Foto: Dok.satuharapan.com/ Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden keenam Republik Indonesia yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menyampaikan duka cita mendalam atas jatuhnya banyak korban jiwa di Mina, Arab Saudi, termasuk warga Negara Indonesia (WNI).

SBY berharap Pemerintah Arab Saudi melakukan koreksi serta perbaikan besar. Pernyataan tersebut itu disampaikan SBY melalui akun pribadinya di Twitter, @SBYudhoyono, pada hari Minggu, (27/9).

Berikut pernyataan duka dan penegasan agar Pemerintah Arab Saudi melakukan perbaikan besar meningkatkan pengamanan serta pelayanan jemaah haji secepatnya, yang disampaikan SBY selengkapnya:

“Kita berduka atas jatuhnya banyak korban jiwa di Mina, Arab Saudi, termasuk WNI. Semoga para syuhada hidup tenang di sisi Allah SWT,” kata dia.

“Kita tahu Pemerintah Arab Saudi telah membangun banyak infrastruktur dan fasilitas untuk tingkatkan pengamanan serta pelayanan jemaah haji,” dia menambahkan.

Namun, kata SBY, musibah di Mina tahun ini menunjukkan upaya itu belum cukup. Pemerintah Arab Saudi harus lakukan koreksi serta perbaikan besar.

Di samping infrastruktur dan fasilitas, diperlukan sistem serta manajemen yang kredibel. Juga pengaturan, pengawasan, dan kepemimpinan yang efektif.

“Kita dukung investigasi untuk berikan sanksi bagi yang lalai serta upaya perbaikan yang mendasar. Ke depan, umat ingin lakukan ibadah haji dengan aman,” kata dia.

“Jemaah Indonesia adalah yang terbesar. Kita patut dapatkan jaminan keselamatan bagi warga negara kita yang tunaikan ibadah haji,” kata dia.

Atas musibah ini, saya ucapkan bela sungkawa kepada yang ditinggalkan oleh orang-orang yang dicintainya. Semoga tabah hadapi ujian Allah ini. (demokrat.or.id)                                      

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home