Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:53 WIB | Minggu, 02 April 2023

Sedikitnya 26 Tewas Akibat Tornado Yang Melanda Amerika Serikat

Keluarga dan tetangga melihat melalui puing-puing di pertanian Ed Whestine di barat daya Wellman, Iowa pada hari Sabtu, 1 April 2023. Badai yang menjatuhkan kemungkinan puluhan tornado menewaskan banyak orang di kota-kota kecil dan kota-kota besar di Selatan dan Barat Tengah, merobek jalan melalui Ibu kota Arkansas, runtuhnya atap tempat konser yang penuh sesak di Illinois, dan memukau orang-orang di seluruh wilayah pada hari Sabtu dengan cakupan kerusakan.(Foto: Nick Rohlman/The Gazette via AP)

WYNNE, SATUHARAPAN.COM-Badai yang menjatuhkan kemungkinan puluhan tornado menewaskan sedikitnya 26 orang di kota-kota kecil dan kota-kota besar di Selatan dan Barat Tengah, Amerika Serikat, merobek jalan melalui ibu kota Arkansas, meruntuhkan atap tempat konser yang penuh sesak di Illinois dan memukau orang-orang di seluruh wilayah pada hari Sabtu (1/4) dengan cakupan kerusakan yang ditimbulkannya.

Tornado yang dikonfirmasi atau dicurigai di setidaknya delapan negara bagian menghancurkan rumah dan bisnis, menumbangkan pohon, dan membuang limbah ke lingkungan di seluruh wilayah negara. Korban tewas termasuk setidaknya sembilan di satu wilayah Tennessee, empat di kota kecil Wynne, Arkansas, tiga di Sullivan, Indiana, dan empat di Illinois.

Kematian lain akibat badai yang melanda hari Jumat malam hingga Sabtu dilaporkan di Alabama dan Mississippi, bersama dengan satu di dekat Little Rock, Arkansas, di mana pejabat kota mengatakan lebih dari 2.600 bangunan berada di jalur tornado.

Penduduk Wynne, sebuah komunitas berpenduduk sekitar 8.000 orang, sekitar 80 kilometer barat Memphis, Tennessee, bangun pada hari Sabtu untuk menemukan atap sekolah menengah robek dan jendelanya pecah. Pohon-pohon besar tergeletak di tanah, tunggul-tunggulnya terangkat. Dinding, jendela, dan atap yang rusak mengotori rumah dan bisnis.

Puing-puing berserakan di dalam cangkang rumah dan di halaman rumput: pakaian, isolasi, mainan, perabot pecah, truk pickup dengan jendelanya pecah.

Ashley Macmillan mengatakan dia, suaminya, dan anak-anak mereka berkumpul dengan anjing mereka di kamar mandi kecil saat tornado lewat, "saling berdoa dan mengucapkan selamat tinggal, karena kami pikir kami sudah mati." Sebuah pohon tumbang merusak rumah mereka dengan parah, tetapi mereka tidak terluka.

“Kami bisa merasakan rumah berguncang, kami bisa mendengar suara keras, piring-piring berderak. Dan kemudian menjadi tenang, ”katanya.

Pemulihan sudah berlangsung, dengan pekerja menggunakan gergaji mesin dan buldoser untuk membersihkan area dan kru utilitas memulihkan tenaga.

Gubernur Bill Lee pergi ke county Sabtu untuk mengunjungi kehancuran dan menghibur penduduk. Dia mengatakan badai itu mengakhiri pekan "terburuk" dalam masa jabatannya sebagai gubernur, terjadi beberapa hari setelah penembakan sekolah di Nashville yang menewaskan enam orang termasuk seorang teman keluarga yang pemakamannya dia dan istrinya, Maria, hadiri pada hari sebelumnya. “Mengerikan apa yang terjadi di komunitas ini, kabupaten ini, negara bagian ini,” kata Lee.

Di Memphis, juru bicara polisi Christopher Williams mengatakan melalui email hari Sabtu (1/4) malam bahwa ada tiga kematian yang diyakini terkait cuaca: dua anak dan seorang dewasa yang meninggal ketika sebuah pohon tumbang menimpa sebuah rumah.

Pejabat Tennessee memperingatkan bahwa kondisi cuaca yang sama mulai Jumat malam diperkirakan akan kembali pada Selasa (4/4). (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home