Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 19:00 WIB | Minggu, 10 Maret 2024

Serangan Fatal Houthi Yaman pada Kapal di Laut Merah Meningkatkan Risiko Timur Tengah

Foto dari Komando Pusat Amerika Serikat yang merilis gambar yang menunjukkan kerusakan akibat serangan rudal Houti Yaman yang didukung Iran terhadap kapal True Confidence. (Foto: dok. Komando Pusat Militer AS via AP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Serangan fatal pertama yang dilakukan pemberontak Houthi di Yaman terhadap pelayaran mengancam akan semakin memutus jalur maritim yang penting bagi perdagangan global dan membawa serta risiko-risiko yang tidak hanya terjadi di laut.

Gedung Putih sudah memperingatkan bahwa akan ada respons terhadap serangan hari Rabu (6/3) terhadap kapal curah True Confidence milik Liberia berbendera Barbados di Teluk Aden. Bentuknya masih belum jelas, namun Amerika Serikat telah melancarkan serangan udara berulang-ulang yang menargetkan Houthi, kelompok pemberontak yang menguasai ibu kota Yaman sejak tahun 2014, dan kemungkinan besar akan terjadi lebih banyak lagi.

Namun, dampak ekonomi, kemanusiaan, dan politik yang lebih luas mungkin timbul akibat serangan tersebut. Hal ini juga semakin menyoroti perang Yaman selama bertahun-tahun, yang sekarang dibayangi oleh perang sengit Israel terhadap Hamas di Jalur Gaza yang mungkin akan memasuki bulan suci Ramadhan, sehingga meningkatkan bahaya kemarahan regional yang semakin buruk.

Krisis Laut Merah Meluas

Sejak awal serangan Houthi, para pemberontak telah menjebak mereka sebagai cara untuk menekan Israel agar menghentikan perang, yang telah menewaskan lebih dari 30.700 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Perang dimulai pada 7 Oktober dengan serangan Hamas di Israel yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera 250 lainnya.

Namun ketika para pengirim barang mulai menghindari Teluk Aden dan Laut Merah, para pemberontak mulai menyerang kapal-kapal yang memiliki hubungan lemah – atau tidak sama sekali – dengan Israel atau perang.

Sementara itu, kapal perang AS dan koalisi telah menembak jatuh setiap tembakan Houthi yang mendekati mereka. Hal ini membuat para pemberontak menargetkan kapal-kapal komersial yang perlindungannya hanya berupa pengawal bersenjata, pagar kawat berduri, dan meriam air – yang cukup baik untuk menghalangi perompak, namun tidak dengan rudal balistik anti kapal.

Serangan pada hari Rabu ini menggarisbawahi bahayanya bagi mereka yang bahkan tidak terlibat dalam perang. Rudal Houthi yang menghantam True Confidence menewaskan dua warga Filipina dan satu warga negara Vietnam. Kelompok Houthi yang didukung Iran tidak mengakui kematian tersebut dan berusaha menjauhkan diri dari konsekuensi tindakan mereka.

“Kami menganggap Amerika bertanggung jawab atas dampak dari segala sesuatu yang terjadi,” tulis juru bicara Houthi, Mohammed Abdulsalam, secara online pada hari Kamis (7/3).

Kapal lain tenggelam akhir pekan lalu setelah ditinggalkan menyusul serangan Houthi.

Ekonomi dan Kiriman Bantuan Menjadi Korban

 Kelompok Houthi telah menyerang setidaknya satu kapal yang membawa bantuan menuju wilayah yang mereka kuasai. Kapal curah berbendera Yunani milik AS, Sea Champion, penuh dengan gandum dari Argentina dan sedang menuju Aden dan kemudian dikuasai pemberontak di Hodeida ketika kapal itu diserang pada bulan Februari. Ketika kelaparan mengintai Jalur Gaza selama perang Israel, kelaparan juga masih melanda Yaman, negara termiskin di dunia Arab.

“Meningkatnya krisis di Laut Merah kemungkinan akan memperburuk situasi kerawanan pangan di Yaman pada tahun 2024, memperburuk krisis kemanusiaan yang sudah mengerikan,” Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB telah memperingatkan.

Lalu ada konflik yang mencengkeram Afrika Timur. Program Pangan Dunia (WFP) mengeluarkan peringatan pada hari Selasa (5/3) mengenai operasinya di Somalia, dengan mengatakan bahwa krisis pengiriman barang menghambat kemampuannya untuk “mempertahankan aliran bantuan kemanusiaan yang teratur.”

Di Sudan yang dilanda perang, Komite Penyelamatan Internasional mengatakan mereka telah menghentikan operasinya ke Port Sudan karena kenaikan biaya dan kekhawatiran lain yang timbul akibat serangan Houthi.

Lalu ada tekanan ekonomi. Meskipun Israel menggambarkan perekonomiannya sejauh ini tidak terpengaruh, hal yang sama tidak berlaku bagi negara tetangganya, Mesir. Lalu lintas di Terusan Suez yang menghubungkan Laut Merah ke Laut Mediterania dan selanjutnya ke Eropa telah menurun hampir setengahnya, menurut data PBB.

Biaya pengiriman tersebut memberikan pendapatan penting bagi pemerintah Mesir, yang telah menyebabkan pound Mesir terdevaluasi dengan cepat setelah mencapai kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk meningkatkan pinjaman dana talangan (bailout) dari US$3 miliar menjadi US$8 miliar.

Gejolak ekonomi lebih lanjut dapat memicu kerusuhan di Mesir, kurang dari 15 tahun setelah Arab Spring yang terjadi pada tahun 2011.

Serangan Udara Dapat Ganggu Pembicaraan Perdamaian, Berdayakan Houthi

Sejak memulai kampanye serangan udaranya pada bulan Januari, militer AS telah mengklaim bahwa mereka menghancurkan lebih dari 100 rudal Houthi, menurut analisis Associated Press atas pernyataannya. Namun, hal ini tidak menghentikan kemampuan pemberontak untuk melancarkan serangan.

Hal ini merupakan sesuatu yang dipelajari oleh koalisi pimpinan Arab Saudi yang memerangi Houthi setelah meluncurkan kampanyenya sendiri melawan pemberontak pada awal tahun 2015 untuk mendukung pemerintah negara tersebut di pengasingan.

Serangan Amerika sejauh ini lebih tepat sasaran, dengan hanya satu kematian warga sipil yang dilaporkan sejauh ini dari puluhan serangan lainnya.

Namun keterlibatan Amerika telah merugikan Arab Saudi dan mitra utamanya, Uni Emirat Arab – terutama setelah Presiden Joe Biden menjabat pada tahun 2021 dan segera menyatakan bahwa perang Yaman “harus diakhiri.”

Kedua negara telah menghindari partisipasi aktif dalam kampanye pimpinan AS yang kini menargetkan pemberontak lagi. Dan Arab Saudi mencapai perdamaian setahun yang lalu dengan Iran yang diharapkan akan menghasilkan kesepakatan damai, sesuatu yang masih belum terjadi.

Bagi kelompok Houthi, perlawanan terhadap Israel dan AS mungkin adalah segalanya yang mereka inginkan. Kelompok Syiah Zaydi, mereka menjalankan kerajaan 1.000 tahun di Yaman hingga tahun 1962. Slogan mereka telah lama berbunyi: “Tuhan Maha Besar; kematian bagi Amerika; Kematian bagi Israel; mengutuk orang-orang Yahudi; kemenangan bagi Islam.”

Bertempur melawan dua musuh bebuyutan mereka memungkinkan para pemberontak untuk meningkatkan dukungan mereka di Yaman, serta mendapatkan pengakuan internasional di dunia Arab yang marah atas pembunuhan warga Palestina dalam kampanye Israel di Jalur Gaza.

Jika pertempuran di sana terjadi pada bulan Ramadhan, yang merupakan waktu dalam Islam untuk perdamaian dan refleksi, hal ini mungkin akan menginspirasi penyebaran kekerasan militan lebih lanjut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home