Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 10:28 WIB | Rabu, 22 Juli 2015

IMF Tunjuk Pejabat AS sebagai Kepala Ekonom

Maurice Obstfeld, mantan penasihat ekonomi Presiden AS, Barack Obama, telah ditunjuk sebagai Kepala Ekonom IMF. (Foto: ft.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – International Monetary Fund (IMF) telah menunjuk Maurice Obstfeld, salah satu penasihat ekonomi penting Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, sebagai kepala ekonom barunya pada Senin (20/07). Maurice Obstfeld akan menggantikan Olivier Blanchard pada awal September.

Obstfeld, seorang profesor di University of California, Berkeley, dikenal karena pandangannya mengenai penguatan ekonomi global, seperti perlunya terintegrasi dengan zona euro, bahaya perdagangan, dan ketidakseimbangan investasi.

Pemikirannya tersebut dinilai tepat untuk membentuk misi IMF dalam perannya terkait krisis utang Yunani dan pemberian bantuan kepada negara-negara berkembang.

"Dia dikenal di seluruh dunia atas karyanya pada ekonomi internasional dan dianggap sebagai salah satu tokoh makro ekonomi yang paling berpengaruh di dunia," kata Christine Lagarde, Direktur IMF, seperti dikutip media Financial Times.

Obstfeld (63) meninggalkan Berkeley sejak pertengahan 2014 untuk bertugas di White House Council of Economic Advisers.

Menurut laporan AFP, ia akan memulai tugasnya di IMF yang berlokasi di Washington pada 8 September dengan mengawal tugas penting, yaitu progam dana talangan untuk Yunani dan Ukraina, serta secara luas terus memantau secara intens pelambatan ekonomi global.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home