Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 16:12 WIB | Kamis, 03 April 2014

Srikandi Indonesia Kibarkan Merah Putih di Maroko

Srikandi Indonesia Kibarkan Merah Putih di Maroko
Peserta The24th Rallye Aicha des Gazelles 2014 bergambar bersama sebelum reli dimulai. (Foto: blogher.com)
Srikandi Indonesia Kibarkan Merah Putih di Maroko
Reli khusus untuk perempuan di Maroko sangat menantang karena peserta tidak diperbolehkan menggunakan alat navigasi canggih, hanya berbekal kompas konvensional dan peta medan berskala 1:100.000. (Foto: YouTube.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Srikandi Indonesia yang tergabung dalam Tim Enggang, diawaki Safinah Nidiasti Siregar dan Andarsih Dwi Sintorowati, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di ajang reli wanita dunia The 24th Rallye Aicha des Gazelles 2014 di Maroko.

Keikutsertaan Indonesia pada event itu adalah yang ketiga kalinya sejak 2012 dan 2013 diwakili masing-masing dua tim reli, demikian Sekretaris III, Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Rabat, Suparman Hasibuan kepada Antara London, Kamis (3/4).

Reli hanya untuk perempuan dan merupakan satu-satunya di dunia itu tahun ini diikuti 323 tim dari 26 negara. Reli dimulai 14 sampai 29 Maret lalu dengan melewati enam etape. Pesertanya dari berbagai latar belakang, mulai dari asisten rumah tangga, anggota pemadam kebakaran, pemilik kebun anggur, hingga dokter. 

Kota Errachidia di selatan Maroko yang eksotis dengan pemandangan gurun saharanya menjadi garis start, sedangkan finish di Kota Essaouira yang indah di tepi pantai Samudra Atlantik.

Selain hanya diikuti pebalap wanita, reli yang digelar di Maroko sejak 1990 semakin menantang karena peserta tidak diperbolehkan menggunakan alat navigasi canggih seperti GPS.

Dengan hanya berbekal kompas konvensional dan peta medan berskala 1:100.000, setiap hari peserta berlomba mencapai titik yang ditentukan panitia, termasuk dua peserta Indonesia yang merupakan karyawati PT Total E&P Indonesie.

Ukuran kemenangan tidak hanya ditentukan kecepatan, namun juga bagaimana setiap tim mampu bekerja sama menempuh berbagai macam tantangan medan yang ada dengan seminimal mungkin jarak dan waktu tempuh.

Kategori yang diperlombakan adalah kendaraan 4WD (Truck, SUV, Jeep, Quad Bike, Van) dan untuk pertama kalinya juga kategori Motor Cross diperlombakan pada tahun ini.

Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, didampingi Vice President HR, Finance, Communication & General Services Total E&P Indonesie Noviyanto yang mensponsori Tim Indonesia menyambut kedatangan peserta reli dengan antusias dan menyerahkan bendera Merah Putih kepada dua Srikandi Indonesia untuk dikibarkan bersama bendera negara lainnya saat peserta reli memasuki garis finish.

"Saya bangga Tim Indonesia telah mencapai garis finish dengan selamat dan mampu mengibarkan Merah Putih bersama peserta lainnya di event internasional semacam ini," ungkap Dubes Tosari. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home