Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 10:58 WIB | Selasa, 09 Juni 2015

Suhu Bumi Kian Panas, Risiko Banjir Makin Besar

Ilustrasi: Kerusakan lingkungan global. Lembaga PBB Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengatakan dengan tren emisi yang ada sekarang ini, suhu bumi diperkirakan meningkat 4,8 derajat celsius pada 2100. (Foto: safety4sea.com)

PARIS, SATUHARAPAN.COM -  Suhu bumi yang kian hangat berdampak sangat besar terhadap pola curah hujan sehingga meningkatkan risiko banjir bandang, menurut hasil penelitian di Australia, Senin (8/6).

Dalam penelitian di jurnal Nature Geoscience, para peneliti dari University of New South Wales menganalisis hampir 40.000 badai yang terjadi di Australia dalam kurun waktu 30 tahun.

Ketika suhu bumi naik, risiko curah hujan yang kian intens juga meningkat. Volume air hujan yang lebih besar mengguyur dalam kurun waktu yang lebih singkat sehingga terjadi banjir bandang.

“Pola yang semakin intens ini memicu badai yang lebih berbahaya dan dapat secara signifikan memengaruhi dampak yang ditimbulkan oleh banjir,” ujar peneliti Conrad Wasko.

“Zona iklim yang kami teliti di Australia merupakan cerminan dari sebagian besar iklim global sehingga sangat mungkin tren serupa terjadi di belahan dunia lain,” dia melanjutkan.

Lembaga PBB Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengatakan dengan tren emisi yang ada sekarang ini, suhu bumi diperkirakan akan meningkat 4,8 derajat celsius pada 2100.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home