Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:32 WIB | Rabu, 11 Februari 2015

Sulut Ekspor Tepung Kelapa Ke Turki

Ilustrasi. (Foto: istimewa)

MANADO, SATUHARAPAN.COM – Provinsi Sulawesi Utara mengekspor puluhan ton tepung kelapa ke Turki karena permintaan dari negara tersebut cukup tinggi, kata Kepala Seksi Ekspor Impor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jeffry Nelwan.

“Permintaan Turki akan tepung kelapa Sulut memang sudah mulai meningkat di tahun 2015 ini,” katanya di Manado, Rabu (11/2).

Jeffry mengatakan pada pekan pertama Februari 2015, Sulut telah mengekspor tepung kelapa ke Turki 26 ton dengan devisa yang diperoleh 57.200 dolar Amerika Serikat (AS).

Tepung kelapa yang diekspor ke Turki, katanya, telah melalui proses pemeriksaan yang cukup panjang agar memenuhi standar yang ditetapkan internasional dalam pengiriman produk pangan.

“Selain memenuhi syarat ekspor internasional, biasanya pengekspor memberikan produk sesuai keinginan `buyers` atau pembeli,” katanya.

Tepung kelapa yang biasa diminta pasar dunia itu, terutama untuk kategori tepung kelapa halus dan tepung kelapa agak kasar (medium).

“Harapan itu mampu dipenuhi oleh perusahaan daerah ini. Ada tujuh perusahaan di Sulut yang saat ini mengolah buah kelapa segar tersebut menjadi tepung kelapa,” katanya.

Perusahaan di Sulut yang mengolah tepung kelapa, yakni di Kabupaten Minahasa Selatan, Minahasa Utara, dan Kota Kotamobagu.

Pemerintah Sulut akan terus memfasilitasi para pengekspor agar terus mendapatkan pasar baru untuk tujuan komoditas unggulan daerah. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home