Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:08 WIB | Kamis, 02 Desember 2021

Taliban Minta AS Cairkan Dana Yang Dibekukan

Penjabat Menteri Luar Negeri Afghanistan, Amir Khan Muttaqi, memberi isyarat saat berbicara dalam sebuah acara yang diadakan di Institut Studi Strategis di Islamabad pada 12 November 2021. (Foto: dok. AFP/Farooq Naeem)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Taliban  kembali menyerukan Amerika Serikat untuk melepaskan miliaran dolar dana yang dibekukan setelah dua hari pembicaraan di Doha ketika Afghanistan yang bergantung pada bantuan bergulat dengan krisis ekonomi.

Afghanistan juga menyerukan diakhirinya daftar hitam dan sanksi dalam pertemuan yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Taliban, Amir Khan Muttaqi, dan Tom West, perwakilan khusus AS untuk Afghanistan.

Pertemuan itu adalah putaran kedua pembicaraan antara kedua belah pihak di Qatar sejak AS mengakhiri pendudukannya selama 20 tahun di Afghanistan dan para ekstremis garis keras dengan cepat kembali berkuasa.

"Kedua delegasi membahas masalah politik, ekonomi, kemanusiaan, kesehatan, pendidikan dan keamanan, serta menyediakan fasilitas perbankan dan uang tunai yang diperlukan," tweeted juru bicara kementerian luar negeri Afghanistan, Abdul Qahar Balkhi.

“Delegasi Afghanistan meyakinkan pihak keamanan AS dan mendesak agar uang Afghanistan yang dibekukan harus dilepaskan tanpa syarat, daftar hitam dan sanksi harus diakhiri dan masalah manusia dipisahkan dari masalah politik.”

Washington menyita hampir US$ 9,5 miliar aset milik bank sentral Afghanistan. Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia juga menangguhkan kegiatan di Afghanistan, menahan bantuan US$ 340 juta dalam cadangan baru yang dikeluarkan oleh IMF pada bulan Agustus.

Ekonomi Afghanistan telah runtuh secara efektif, dan pegawai negeri sipil tidak dibayar selama berbulan-bulan dan perbendaharaan tidak mampu membayar impor. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) telah memperingatkan bahwa sekitar 22 juta orang, lebih dari setengah populasi, akan menghadapi kekurangan pangan "akut" di bulan-bulan musim dingin.

Pemimpin pemerintah Taliban, Mullah Mohammad Hassan Akhund, termasuk di antara mereka yang menjadi sasaran sanksi AS. Pihak AS berdiri teguh pada langkah-langkah tersebut dan mengatakan pihaknya mengambil langkah-langkah untuk mendapatkan dukungan kepada warga Afghanistan biasa.

"Amerika Serikat tetap berkomitmen untuk memastikan bahwa sanksi AS tidak membatasi kemampuan warga sipil Afghanistan untuk menerima dukungan kemanusiaan dari pemerintah AS dan komunitas internasional dengan menolak aset untuk entitas dan individu yang terkena sanksi," kata juru bicara Departemen Luar Negeri, Ned Price, dalam sebuah pernyataan.

“Departemen Keuangan telah mengeluarkan izin umum untuk mendukung aliran bantuan kemanusiaan yang berkelanjutan kepada rakyat Afghanistan dan kegiatan lain yang mendukung kebutuhan dasar manusia.”

AS juga mendesak Taliban untuk menyediakan akses pendidikan bagi perempuan dan anak perempuan di seluruh negeri dan “menyatakan keprihatinan mendalam mengenai tuduhan pelanggaran hak asasi manusia.”

Ini mengingatkan Taliban akan komitmen mereka untuk tidak mengizinkan organisasi teroris beroperasi di wilayahnya dan untuk menjamin perjalanan yang aman bagi warga AS dari Afghanistan.

Amerika juga menyerukan pembebasan warga negara AS, Mark Frerichs, yang diculik di Afghanistan pada Februari tahun lalu.

Taliban menyebut pembicaraan itu "positif" dan mengatakan Muttaqi juga bertemu dengan duta besar Jepang dan Jerman untuk Afghanistan di Doha. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home