Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:41 WIB | Rabu, 01 Desember 2021

AS Hapus FARC Kolombia dari Daftar Terorisme

Menlu AS Antony Blinken mengumumkan pencabutan FARC Kolombia dari Daftar Terorisme Deplu AS (Foto: VOA).

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat, Selasa (30/11) mengumumkan penghapusan mantan pemberontak Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia (FARC) dari daftar organisasi teroris.

"Departemen Luar Negeri mencabut Pasukan Revolusioner Kolombia (FARC) sebagai organisasi teroris asing dari daftar," kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah AS menunjukkan niatnya untuk menghapus daftar teroris pada 23 November lalu, pada malam peringatan tahun kelima pakta perdamaian antara pemerintah Kolombia dan FARC, yang berdampak pada perlucutan senjata dan pembubarannya setelah beberapa dekade terlibat dalam pertempuran.

Amerika Serikat secara resmi menetapkan FARC sebagai organisasi teroris asing pada tahun 1997, titik tengah konflik enam dasawarsa antara pemberontak dengan pemerintah negara di Amerika Selatan tersebut.

Pada 24 November 2016, setelah negosiasi di Kuba, kelompok gerilyawan itu meletakkan senjata dan menandatangani kesepakatan damai dengan presiden Kolombia saat itu, Juan Manuel Santos.

Akan tetapi label teroris terus membayangi para anggotanya, termasuk mereka yang kini telah berubah menjadi anggota partai politik.

"Keputusan pencabutan itu tidak mengubah sikap yang berkaitan dengan tuduhan atau potensi tuntutan di Amerika Serikat terhadap mantan pemimpin FARC. Keputusan itu juga tidak menghapus keputusan Yurisdiksi Khusus Perdamaian Kolombia, yang menemukan tindakan mereka sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan," kata Blinken.

"Namun, keputusan itu akan memfasilitasi Amerika Serikat agar lebih dapat mendukung implementasi kesepakatan tahun 2016."

Sekitar 13.000 gerilyawan telah menyerahkan senjata sejak penandatanganan pakta perdamaian tahun 2016, dan FARC telah berubah menjadi partai politik minoritas.

Namun kekerasan masih tetap ada di banyak wilayah Kolombia di mana para pemberontak FARC, lebih dari 5.000 di antaranya menolak kesepakatan tersebut, dan terus memerangi kelompok paramiliter dan pemberontak serta pengedar narkoba di negara penghasil kokain terbesar di dunia itu.

Dalam pernyataannya, Blinken mengumumkan FARC-EP dan Segunda Marquetalia, dua kelompok yang terbentuk dari sisa pemberontak FARC, telah ditambahkan ke dalam daftar teroris.  (VOA)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home