Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 08:09 WIB | Minggu, 03 April 2022

Temuan Mosaik Yang Didedikasikan untuk Yesus di Israel Akan Segera Bisa Diakses Publik

Diyakini sebagai mosaik paling awal kekristenan dan penemuan lain menunjukkan keberagaman penduduk, ditemukan antara tahun 2004 dan 2008.
Temuan Mosaik Yang Didedikasikan untuk Yesus di Israel Akan Segera Bisa Diakses Publik
Mosaik Kristen awal yang berada di Penjara Megiddo, Israel. Ditemukan ketika pembangunan perluasan penjara. (Foto-foto: Yoli Schwartz/IAA)
Temuan Mosaik Yang Didedikasikan untuk Yesus di Israel Akan Segera Bisa Diakses Publik

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Sebuah karya mosaik kuno abad ketiga yang sampai sekarang tersembunyi di balik jeruji, bahkan bisa dikatakan berada di halaman Penjara Megiddo di Israel utara, akan segera dibuka untuk dilihat oleh publik.

Mosaik tersebut, diyakini sebagai mosaik paling awal yang didedikasikan untuk Yesus, ditemukan antara tahun 2004 dan 2008 di bawah Penjara Megiddo, kata Dr. Yotam Tepper, sekarang konsultan akademik wilayah pusat Otoritas Barang Antik Israel. Diperkirakan itu adalah bagian dari rumah doa orang Kristen awal dan termasuk prasasti Yunani yang didedikasikan "untuk Tuhan Yesus Kristus."

Sekarang penjara itu dijadwalkan akan dipindahkan pada awal Juni untuk memungkinkan para arkeolog membuat mosaik itu dapat diakses oleh wisatawan dan memungkinkan penyelidikan lebih lanjut, kata Otoritas Barang Antik Israel mengumumkan pada hari Minggu di halaman Facebook mereka, dikutip The Jerusalem Post.

Mosaik itu ditemukan antara 2004 dan 2008 dalam penggalian penyelamatan IAA yang diperintahkan oleh Layanan Penjara Israel sebelum mereka memulai pembangunan sayap penjara baru. Lebih dari 60 tahanan dari penjara Megiddo dan Tzalmon berpartisipasi dalam penggalian selama beberapa bulan.

Dua prasasti tambahan ditemukan pada mosaik dan diterjemahkan oleh Profesor Universitas Ibrani, Leah di Segni. Prasasti di sisi utara didedikasikan untuk seorang perwira tentara bernama Gaianos yang berkontribusi pada lantai mosaik. Prasasti timur didedikasikan untuk mengenang empat perempuan: Frimilia, Kiriaka, Dorothea dan Karasta.

Nama Akaptos diabadikan dalam prasasti barat sebagai "Kekasih Tuhan yang menyumbangkan altar untuk Tuhan Yesus Christos, sebagai peringatan."

Penggalian di situs tersebut mengungkapkan jalan setapak di dalam desa dengan tempat tinggal di kedua sisinya, kata Tepper. Bangunan besar dengan aula doa Kristen terletak di sisi barat laut jalan setapak, sementara bangunan besar lainnya berada di sisi selatan. Ia berharap dapat terus meneliti bangunan-bangunan tersebut ketika ia mampu memulai kembali ekskavasi.

Temuan dari area situs itu juga termasuk sisa-sisa dari desa Yahudi periode Romawi, dengan penduduk Yahudi dan Samaria, sebuah kamp legiun tentara Romawi dan kota Romawi-Bizantium yang menunjukkan adanya kelompok populasi budaya, agama dan etnis yang beragam, kata Tepper.

Bukti arkeologis juga menunjukkan komunitas Kristen awal yang anggotanya termasuk perwira tentara Romawi dan menceritakan kisah Kekristenan sebelum menjadi agama resmi kekaisaran.

“Ada komunitas Kristen awal di sini jauh sebelum agama Kristen menjadi agama resmi. Melalui penggalian, kami belajar tentang semua hubungan antara orang Samaria, Yahudi, pagan, Kristen, tentara, dan warga sipil,” kata Tepper.

“Ini adalah mikrokosmos. Memiliki lingkungan dengan begitu banyak agama dan etnis yang berbeda dalam jarak geografis yang begitu dekat satu sama lain membuat ini sangat istimewa,” katanya. Bukti arkeologi menunjukkan hubungan bertetangga yang baik, katanya.

“Kami melihat rumah mereka bersebelahan yang menunjukkan hubungan yang baik. Tentu saja, saya tidak tahu apa yang mereka katakan satu sama lain,” katanya.

“Karena kehadiran berbagai agama di sini, ini adalah tempat yang sangat menarik untuk menggali dan belajar tentang hubungan antar agama yang berbeda…ini bisa menjadi kontribusi yang sangat penting bagi pengetahuan kita.”

Menariknya, katanya, ketika orang Romawi meninggalkan situs itu, mereka sengaja menutupi mosaik dengan lapisan pelindung genteng dan sebagian besar plester dinding. Bangunan itu tidak menunjukkan tanda-tanda kehancuran dan meskipun mereka menemukan sisa-sisa dari abad keempat di bagian lain desa, tampaknya tidak ada yang menghuni kembali bangunan Kristen atau memanfaatkannya dengan cara apa pun. Ini bisa menunjukkan berlanjutnya kepemilikan Romawi atas properti itu, katanya.

“Bangunan itu ditinggalkan dan tidak ada yang tinggal di sana lagi,” katanya. “Biasanya ketika orang pergi, yang lain menggunakan gedung tetapi di sini itu tidak terjadi.”

Selama penggalian lebih dari satu dekade lalu, ada pembicaraan untuk memindahkan penjara. Pekan lalu, perwakilan dari IAA, Layanan Penjara Israel dan Dewan Regional Megiddo mengunjungi daerah tersebut untuk membahas langkah tersebut.

“Saya siap untuk mulai menggali lagi. Ini adalah tantangan dan saya sangat penasaran untuk melihat apa yang kami temukan,” kata Tepper. “Saya akan sangat senang untuk kembali.” (The Jerusalem Post)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home