Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:06 WIB | Minggu, 01 Mei 2022

Tentara Israel Tangkap Dua Orang Tersangka Pembunuhan Penjaga Keamanan

Seorang pria Palestina bertopeng dan bersenjata menembak ke udara selama pemakaman Yahia Edwan, 27 di desa Azzoun Tepi Barat, dekat Qalqiliya, Sabtu, 30 April 2022. Pasukan Israel menembak dan membunuh Edwan hari Sabtu pagi, kata Kementerian Kesehatan Palestina. Tentara Israel mengatakan melepaskan tembakan setelah sekelompok tersangka melemparkan bom api ke arah tentara. (Foto: AP/Nasser Nasser)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Militer Israel pada hari Sabtu (30/4) mengatakan telah menangkap dua orang penyerang Palestina yang diduga menembak dan membunuh seorang penjaga keamanan di pintu masuk pemukiman Yahudi di Tepi Barat.

Penahanan itu menyusul perburuan yang diluncurkan tak lama setelah serangan pada hari Jumat malam. Tentara Israel, pasukan khusus, dan polisi perbatasan mengambil bagian dalam penahanan dan penyitaan senjata dari dua tersangka, yang dikatakan disita di desa Qarawat Bani Hassan.

Serangan baru, dan kematian seorang pria Palestina di tempat lain di Tepi Barat yang diduduki, dapat lebih lanjut memicu ketegangan yang telah meningkat selama dua bulan terakhir. Serangkaian serangan Palestina di Israel dan Tepi Barat telah menewaskan 15 orang Israel, sementara setidaknya 27 orang Palestina telah dibunuh oleh pasukan keamanan Israel dalam beberapa pekan terakhir.

Penjaga keamanan ditembak di luar Ariel, sebuah pemukiman besar di Tepi Barat utara, Jumat malam oleh dua penyerang di dalam mobil, kata tentara. Dikatakan penjaga itu berdiri di depan penjaga lain yang bersamanya, menyelamatkan nyawanya.

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, menyatakan belasungkawa kepada keluarga penjaga keamanan. Dalam sebuah pernyataan setelah penangkapan para tersangka, dia mengatakan “tidak ada teroris yang bisa menghindari kita.”

Di Gaza, pemimpin penguasa Hamas di wilayah itu, Yehiyeh Sinwar, menyerukan untuk meningkatkan serangan terhadap sasaran Israel di Tepi Barat, dengan mengatakan “arena pertempuran sebenarnya ada di sana.” Dalam pidatonya, dia memberi hormat kepada para penyerang yang membunuh penjaga itu.

Pasukan Israel pada hari Sabtu mendirikan pos pemeriksaan dan sedang melakukan pencarian untuk para penyerang di daerah itu, kata tentara. Dikatakan telah menangkap dua orang yang mengaku anggota kelompok militan Hamas, tetapi tidak ada indikasi langsung bahwa orang-orang itu terlibat dalam serangan itu. Hamas memuji pembunuhan penjaga itu tetapi tidak mengklaim bertanggung jawab atas penembakan itu.

Dalam insiden terpisah, pasukan Israel menembak dan membunuh seorang pria Palestina berusia 27 tahun di desa Azoun dekat kota Qalqilya Sabtu pagi, kata Kementerian Kesehatan Palestina. Tentara mengatakan telah melepaskan tembakan setelah sekelompok tersangka melemparkan bom api ke arah tentara.

Ketegangan telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir oleh serangan penembakan Palestina di kota-kota Israel, tindakan keras militer Israel di Tepi Barat utara, tempat beberapa penyerang berasal, dan konfrontasi berulang antara warga Palestina dan polisi Israel di sekitar situs keagamaan paling sensitif di Yerusalem. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home