Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:41 WIB | Kamis, 11 September 2014

Terinspirasi Skotlandia, Catalunya Minta Merdeka

Residen wilayah, Artur Mas. (Foto: theepochtimes.com)

BARCELONA, SATUHARAPAN.COM - Dipanasi oleh referendum kemerdekaan Skotlandia yang tengah membayangi, nasionalis di Catalunya bertekad untuk turun ke jalan pada Kamis (11/9) untuk menggelar protes meminta pemilu mereka sendiri untuk melepaskan diri dari Spanyol.

Referendum Skotlandia yang akan digelar pada 18 September menambah kepercayaan diri nasionalis di wilayah timur laut Spanyol yang ingin merebut kedaulatan tanah mereka dari Spanyol.

“Jika sebuah negara seperti Skotlandia bisa menggelar pemilu, kenapa Catalunya tidak ” kata presiden wilayah Artur Mas, yang menantang Madrid dengan menyerukan pemilu untuk kemerdekaan Catalunya pada 9 November.

“Jika populasi Catalunya ingin memilih untuk menentukan masa depannya, hampir tidak mungkin untuk menghentikan upaya itu selamanya,” katanya kepada AFP dalam sebuah wawancara pada Rabu.

Pemilu Skotlandia dilangsungkan tepat sepekan sebelum hari paling sensitif bagi Catalunya: Hari “Diada” pada Kamis, peringatan nasional tahunan Catalunya.

Pemerintah nasional Spanyol menentang keras semua langkah untuk kemerdekaan Catalunya. Mereka menyatakan rencana pemilu itu ilegal dan bertekad akan memblokadenya.

“Saya pikir konyol rasanya untuk berpura-pura bahwa mereka bisa melakukannya dan saya rasa pemerintah Spanyol akan menyadarinya,” kata Artur Mas.

Dia mengatakan pemilu Skotlandia bisa memuluskan jalan bagi Catalunya untuk upayanya menuju kemerdekaan. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home