Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 07:26 WIB | Minggu, 15 November 2015

Teror Paris dan Beirut, Dewan Gereja Dunia: Hadapi Bersama

Polisi tampak berjaga di jalanan Paris pasca sertangan penembakan yang menewaskan ratusan orang (Foto: Reuters)

SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/WCC) mengecam keras serangan teror terbaru di Paris dan Beirut.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Sabtu (14/11) selama pertemuan mereka di Bogis-Bossey, Swiss, komite eksekutif WCC mengatakan, “Di tengah kebrutalan ini, keluarga manusia, semua orang beriman dan yang berniat baik, harus berdiri bersama-sama untuk bertekad menghormati dan merawat satu sama lain, untuk melindungi satu sama lain, dan untuk mencegah kekerasan tersebut.”

“Kami tidak dapat memahami bahwa kekejaman teroris ini dapat dibenarkan dalam nama Tuhan atau agama apa pun. Kekerasan atas nama agama adalah kekerasan terhadap agama. Kami mengutuk, menolak dan mengecam itu. Mari kita menghadapinya dengan memegang teguh dan menjunjung tinggi hak-hak demokratis, budaya dan nilai-nilai manusia bahwa terorisme ini terus berusaha untuk menyerang.”

Pernyataan itu melanjutkan, “Mari kita jadikan peristiwa ini untuk terus memperlihatkan perhatian dan keramahan kita kepada mereka yang melarikan diri dari kekerasan dan penindasan. Mari kita terus berusaha untuk melakukan apa yang kita tahu yang diperlukan dari kita. Bertindak adil, mengasihi, setia, dan hidup rendah hati bersama Allah kita di jalan keadilan dan perdamaian.”

Bom Beirut

Pengeboman di daerah perbelanjaan sipil ramai di Beirut, Lebanon, ditanggapi oleh kedua Dewan Gereja  Timur Tengah (Middle East Council of Churches/MECC) dan Dewan Gereja Dunia dengan ekspresi simpati, marah dan terus bertekad untuk bekerja bagi perdamaian dan stabilitas di negara Timur Tengah.

Pengeboman kembar pada Kamis 12 November mencabut 41 nyawa—jumlah terbesar dari korban sejak perang saudara Lebanon 25 tahun yang lalu—dan melukai lebih dari 200 orang. Tanggung jawab untuk pengeboman itu diklaim oleh apa yang disebut Negara Islam (ISIS).

Pernyataan dari MECC, yang berbasis di Beirut, mengecam pengeboman itu sebagai kekerasan teroris dan menyatakan simpati bagi para korban. “Kami meminta kepada Tuhan untuk menyembuhkan kesedihan dan penderitaan keluarga mereka, dan untuk memberkati pemulihan yang cepat untuk terluka,” katanya.

“MECC juga menyerukan pada semua orang yang bertanggung jawab di Lebanon untuk mengatasi konflik internal di antara mereka sendiri dan untuk bersatu di depan terorisme, yang mengancam semua Lebanon terlepas dari afiliasi sektarian dan politik mereka.”

Sekretaris Umum WCC, Rev. Dr Olav Fykse Tveit, juga menyatakan kekhawatiran atas kekerasan. “Orang-orang Lebanon telah berjuang untuk generasi untuk membangun demokrasi yang stabil dan terbuka. Kekerasan ekstremis seperti ini tidak hanya menghancurkan hidup mulia dan keluarga tetapi juga mengancam solidaritas sosial masyarakat Lebanon telah bekerja keras untuk membangun. Ini adalah tercela bahwa kekerasan tersebut dilakukan atas nama agama. Aku memperpanjang doa-doa kita dan simpati yang tulus kepada para korban dan keluarga mereka. Dan saya mendorong semua pihak untuk menahan diri dan meninggalkan kekerasan dan teror demi sebuah adil dan damai di masa depan bagi rakyat Lebanon dan semua orang di wilayah ini.” (oikoumene.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home