Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 12:20 WIB | Sabtu, 07 Mei 2016

Terpilih Jadi Wali Kota London, Politisi Muslim Ukir Sejarah

Walikota London Terpilih dari Partai Buruh, Sadiq Khan.(Foto; Dok Satuharapan.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Politisi Partai Buruh, Sadiq Khan, mengukir sejarah di perpolitikan Inggris. Khan terpilih menjadi wali kota Muslim pertama di Inggris ketika ia berhasil memenangi pemilihan wali kota London. Hasil pemilihan itu diumumkan pada hari Jumat (6/5).

Menurut Laporan latimes.com, pria 45 tahun  anak dari Amanullah Khan yang bekerja sebagai supir bus dari Pakistan itu, mengalahkan pesaing utamanya, Zac Goldsmith yang merupakan anak dari seorang miliarder.

Hasil perolehan suara pada pemilihan wali kota London mencatat  Sadiq Khan memperoleh 57 persen suara sedangkan calon dari Partai Konservatif, Zac Goldsmith, memperoleh 43 persen suara.

"Setiap orang memiliki kesempatan untuk terpilih, saat ini saya dan keluarga saya memiliki kesempatan untuk membangun masa depan kota London, kata  Sadiq Khan setelah hasil pemilihan umum wali kota London diumumkan.

Kemenangan Khan, mengakhiri kekuasaan partai konservatif  yang selama delapan tahun terakhir mempimpin kota London.

Penyelenggara sebelumnya menunda pengumuman hasil pemilihan lantaran adanya perbedaan yang kecil sehingga memaksa penyelenggara memeriksa perhitungan suara.

Sebagai Informasi, Sadiq Khan yang menganut agama Islam menjadi wali kota Muslim kedua di Eropa setelah terpilihnya Ahmed Aboutaleb menjadi wali kota Rotterdam di Belanda.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home