Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 08:03 WIB | Senin, 07 Maret 2022

Tiga Tahun, COVID-19 Membunuh Hampir Enam Juta Orang

Tiga Tahun, COVID-19 Membunuh Hampir Enam Juta Orang
Seorang pasien yang terinfeksi virus corona duduk di tempat tidur di unit perawatan intensif Rumah Sakit Penyakit Menular Jepang Afghanistan, di Kabul, Afghanistan, Senin, 7 Februari 2022. Jumlah kematian resmi global akibat COVID-19 mendekati enam juta, menandai bahwa pandemi, sekarang di tahun ketiga, masih jauh dari selesai. (Foto: dok. AP/Hussein Malla)
Tiga Tahun, COVID-19 Membunuh Hampir Enam Juta Orang
Seorang pekerja Palang Merah menyemprotkan disinfektan di dalam ruang kelas yang kosong setelah kasus COVID-19 ditemukan di sekolah di Jakarta, Indonesia, Jumat, 28 Januari 2022. (Foto: dok. AP/Dita Alangkara)

SATUHARAPAN.COM- Jumlah kematian akibat COVID-19 secara global hampir melampaui enam juta orang ketika pandemi memasuki tahun ketiga dan masih jauh dari berakhir.

Tonggak sejarah ini adalah pengingat tragis terbaru tentang sifat pandemi yang tak henti-hentinya berlangsung bahkan ketika orang-orang melepaskan masker, perjalanan dilanjutkan dan bisnis dibuka kembali di seluruh dunia. Korban tewas, menurut Universitas Johns Hopkins, mencapai 5.997.994 pada hari Minggu (6/3) sore.

Pulau-pulau terpencil di Pasifik, yang isolasinya telah melindungi mereka selama lebih dari dua tahun, baru saja bergulat dengan wabah dan kematian pertama mereka, didorong oleh varian Omicron yang sangat menular.

Hong Kong, yang mengalami jumlah kematian melonjak, sedang menguji seluruh populasinya yang berjumlah 7,5 juta, tiga kali pada bulan ini, karena berpegang teguh pada strategi “nol-COVID” China daratan.

Tingkat kematian tetap tinggi di Polandia, Hongaria, Rumania, dan negara-negara Eropa Timur lainnya, sementara lebih dari satu juta pengungsi tiba dari Ukraina yang dilanda perang. Itu adalah negara-negara dengan cakupan vaksinasi yang buruk dan tingkat kasus dan kematian yang tinggi.

Terlepas dari kekayaan dan ketersediaan vaksinnya, Amerika Serikat sendiri mencatat mendekati satu juta kematian yang dilaporkan.

Tingkat kematian tertinggi di seluruh dunia adalah pada orang-orang yang tidak divaksinasi terhadap virus, kata Tikki Pang, seorang profesor tamu di sekolah kedokteran Universitas Nasional Singapura dan ketua bersama Koalisi Imunisasi Asia Pasifik.

“Ini adalah penyakit pada orang yang tidak divaksinasi, lihat apa yang terjadi di Hong Kong sekarang, sistem kesehatan sedang kewalahan,” kata Pang, mantan direktur kebijakan penelitian dan kerjasama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). “Sebagian besar kematian dan kasus parah berada di segmen populasi yang tidak divaksinasi dan rentan.”

Dunia membutuhkan waktu tujuh bulan untuk mencatat satu juta kematian pertama akibat virus setelah pandemi dimulai pada awal 2020. Empat bulan kemudian, satu juta orang lainnya telah meninggal, dan satu juta telah meninggal setiap tiga bulan sejak itu, hingga jumlah kematian mencapai lima juta pada akhir Oktober. Sekarang telah mencapai enam juta, lebih dari gabungan populasi Berlin dan Brussel, atau seluruh negara bagian Maryland.

Ada Perkiraan Kematian Akibat COVID-19 Mencapai 23 Juta

Namun terlepas dari besarnya angka tersebut, dunia tidak diragukan lagi sebenarnya telah mencapai kematian keenam juta beberapa waktu lalu. Pencatatan dan pengujian yang buruk di banyak bagian dunia telah menyebabkan rendahnya jumlah kematian akibat virus corona, di samping kematian berlebih yang terkait dengan pandemi tetapi bukan karena infeksi COVID-19 yang sebenarnya, seperti orang yang meninggal karena penyebab yang dapat dicegah tetapi tidak dapat menerima perawatan karena rumah sakit penuh.

Edouard Mathieu, kepala data untuk portal Our World in Data, mengatakan bahwa, ketika angka kematian berlebih negara dipelajari, sebanyak hampir empat kali lipat jumlah kematian yang dilaporkan kemungkinan meninggal karena pandemi.

Analisis kelebihan kematian oleh tim di The Economist memperkirakan jumlah kematian akibat COVID-19 antara 14 juta hingga 23,5 juta.

"Kematian yang dikonfirmasi mewakili sebagian kecil dari jumlah sebenarnya kematian akibat COVID, sebagian besar karena pengujian terbatas, dan tantangan dalam atribusi penyebab kematian," kata Mathieu kepada The Associated Press. “Di beberapa negara, sebagian besar kaya, negara-negara yang fraksinya tinggi dan penghitungan resmi dapat dianggap cukup akurat, tetapi di negara lain itu sangat diremehkan.”

Amerika Serikat memiliki angka kematian resmi terbesar di dunia, tetapi jumlahnya cenderung menurun selama sebulan terakhir.

445 Juta Terinfeksi COVID-19

Dunia telah melihat lebih dari 445 juta kasus COVID-19 yang dikonfirmasi, dan kasus mingguan baru telah menurun baru-baru ini di semua wilayah kecuali Pasifik Barat, yang meliputi China, Jepang dan Korea Selatan, antara lain, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan minggu ini.

Meskipun angka keseluruhan di pulau-pulau Pasifik yang menghadapi wabah pertama mereka kecil dibandingkan dengan negara-negara besar, itu signifikan di antara populasi kecil mereka dan mengancam untuk membanjiri sistem perawatan kesehatan yang rapuh.

"Mengingat apa yang kita ketahui tentang COVID ... kemungkinan akan menyerang mereka setidaknya untuk tahun depan atau lebih," kata Katie Greenwood, kepala delegasi Palang Merah Pasifik.

Tonga melaporkan wabah pertamanya setelah virus tiba dengan kapal bantuan internasional menyusul letusan gunung berapi besar pada 15 Januari, diikuti oleh tsunami. Sekarang memiliki beberapa ratus kasus, tetapi, dengan 66% dari populasinya divaksinasi penuh, sejauh ini melaporkan orang yang menderita sebagian besar gejala ringan dan tidak ada kematian.

Kepulauan Solomon melihat wabah pertama pada bulan Januari dan sekarang memiliki ribuan kasus dan lebih dari 100 kematian. Jumlah kematian sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, dengan rumah sakit ibu kota kewalahan dan banyak yang meninggal di rumah, kata Greenwood.

Hanya 12% penduduk Kepulauan Solomon yang sepenuhnya divaksinasi, meskipun wabah telah memberikan dorongan baru untuk kampanye vaksinasi negara itu dan 29% sekarang memiliki setidaknya satu suntikan.

Disparitas vaksin global terus berlanjut, dengan hanya 6,95% orang di negara-negara berpenghasilan rendah yang divaksinasi penuh, dibandingkan dengan lebih dari 73% di negara-negara berpenghasilan tinggi, menurut Our World in Data.

Sebagai pertanda baik, pada akhir bulan lalu Afrika melampaui Eropa dalam jumlah dosis yang diberikan setiap hari, tetapi hanya sekitar 12,5% dari populasinya yang menerima dua suntikan. (AP)

 

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home