Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:10 WIB | Senin, 07 Juli 2014

Tim Krul Akui Disiapkan Van Gaal

Tim Krul saat menyelamatkan gawang Belanda dari tendangan MichaelUmana. (Foto: fifa.com)

SALVADOR, SATUHARAPAN.COM – Penjaga gawang cadangan kesebelasan Belanda, Tim Krul mengatakan seusai Negeri Kincir Angin menundukkan Kosta Rika 4-3 lewat adu penalti dalam perempat final Piala Dunia 2014 bahwa dia memang telah disiapkan pelatih Belanda, Louis Van Gaal dan pelatih kiper, Frank Hoek untuk adu penalti.

Penjaga gawang yang sehari-hari bermain di Newcastle United ini mengatakan dalam konfrensi pers pada Minggu (6/7) dini hari WIB di Stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil.

“Satu hal yang pasti, mereka (Frank Hoek dan Van Gaal) telah merencanakan hal ini (pergantian penjaga gawang Belanda di menit-menit terakhir perpanjangan waktu),” kata Krul.

Belanda menang lewat adu penalti, karena setelah 120 menit pertandingan usai, kedudukan imbang tanpa gol. Tim Krul mengungkapkan bahwa pelatih kiper Belanda Frans Hoek telah padanya sebelum pertandingan. “Hoek datang kepada saya dan berkata,  kemungkinan saya akan main,” tambah Krul. 

Penalti yang ditepis oleh Krul dan memastikan langkah Belanda menuju semi final yakni gelandang Kosta Rika, Michael Umana yang menendang bola ke arah kanan gawang, tetapi Krul bergerak tepat dan si kulit bundar berhasil dia tepis sehingga tidak masuk gawangnya.

Belanda lolos dengan skor kemenangan total 4-3. Krul memuji pilihan yang tepat dari Louis Van Gaal, tanpa mengesampingkan kegemilangan pendahulunya, Jasper Cillessen.

Hal ini kontras dalam catatan statistik Liga Inggris yang mencatat  rekor Krul dalam menghadapi tendangan penalti di level klub tidak begitu baik. Tercatat, dari 20 penalti yang dia hadapi di Newcastle United, hanya dua yang berhasil dia halau.

Cillessen sempat gagal memblok tendangan penalti saat Belanda menang 5-1 atas Spanyol di partai pembuka Piala Dunia Grup B, walau setelah itu Cillessen terus-menerus menjadi pilihan utama Louis Van Gaal di bawah mistar.

Sementara keputusan Van Gaal diapresiasi positif salah satu penyerang negeri Kincir Angin, Robin Van Persie.

“Hal ini dipikirkan oleh manajer, kami tahu Krul sangat baik untuk menghentikan hukuman. Saya pikir itu hebat dia dibawa masuk,” kata penyerang yang bermukim Manchester United itu.

Belanda akan menghadapi Argentina di semi final Piala Dunia yang akan berlangsung Kamis (10/7) dini hari WIB di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo. (skysports.co.uk/fifa.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home