Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 20:56 WIB | Rabu, 10 Agustus 2016

Tiongkok Operasikan Kereta Tercepat Dunia Bulan Depan

Ilustrasi. Kereta cepat di Tiongkok (Foto: ebeijing.gov.cn)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Tiongkok akan meluncurkan kereta tercepat di dunia dengan kecepatan maksimum 380 km per jam bulan depan.

Kereta tercepat itu akan mengambil rute Zhengzhou-Xuzhou, menurut media online milik pemerintah Tiongkok, yang dilansir kembali oleh NDTV.

Setelah kereta baru itu beroperasi, waktu perjalanan antara Zhengzhou, Provinsi Henan Tiongkok Tengah, dan Xuzhou, provinsi Jiangsu, Tiongkok timur, jadi lebih pendek, dari 2 jam 33 menit menjadi sekitar 80 menit.

Dibandingkan dengan generasi terakhir kereta cepat Tiongkok, kecepatan  kereta baru ini  meningkat 50 km per jam menjadi 350 km per jam, dan kecepatan tertinggi adalah 400 km per jam dalam tahap pengujian.

Di masa depan, kereta generasi baru akan menjadi kekuatan utama dalam mengangkut penumpang di Tiongkok.

Tiongkok telah membangun sekitar 16.000 km rel kereta api cepat yang menghubungkan sebagian besar kota-kota besar, termasuk kereta cepat Beijing-Shanghai yang menghasilkan keuntungan miliar dolaran tahun lalu.

Rel yang lebih banyak lagi sedang dibangun seiring dengan upaya pemerintah meningkatkan perekonomian dengan investasi infrastruktur dan membuat perjalanan lebih nyaman.

Tiongkok juga secara agresif memasarkan teknologi kereta api berkecepatan tinggi luar negeri terutama di India. Sebuah perusahaan kereta api Tiongkok saat ini sedang melakukan studi kelayakan kereta berkecepatan tinggi untuk jalur Chennai-New Delhi.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home