Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:30 WIB | Senin, 24 Agustus 2015

Transjabodetabek Mulai Beroperasi Hari ini

Petugas mengatur pengoperasian armada bus line Transjabotabek di Teminal Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Antaranews)

JAKARTA, SATUHARAPAN – Layanan bus transjabodetabek rute Bekasi, Depok, dan Tangerang akan resmi beroperasi pada hari ini, Senin (24/8). Masing-masing rute akan berangkat dari titik awal pemberangkatan yang telah ditentukan.

Transjabodetabek, merupakan layanan bus yang khusus melayani rute Jakarta dan kota-kota penyangga. Saat berangkat dari kota penyangga, bus ini akan beroperasi di jalan reguler. Namun, setelah memasuki kota Jakarta, bus yang dibeli Kementerian Perhubungan ini akan melintas di jalur bus transjakarta atau busway.

Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD)‎ selaku operator BUMN, ditugaskan mengoperasikan 78 unit bus aglomerasi Transjabodetabek, hasil pemberian Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sebanyak 78 bus aglomerasi direncanakan akan beroperasi dari Tanggerang ke koridor III, kemudian dari Depok ke koridor IX dan dari Bekasi ke koridor XI.

Kerjasama Integrasi Transjabodetabek dengan Transjakarta telah diresmikan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan Perum Perusahaan Pengangkutan Djakarta (PPD), Jumat (21/8) sore, dengan  menandatangani kontrak kerjasama integrasi bus Transjabodetabek dengan bus Transjakarta.

"Untuk Bekasi, berangkatnya dari Harapan Indah; Depok dari Terminal Depok; dan Tangerang dari Poris Plawad," kata Direktur Utama Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) Pande Putu Yasa kepada Kompas.com, Minggu (23/8)

Untuk rute Bekasi, bus akan berangkat dari Harapan Indah, kemudian masuk tol Cikampek. Setelah memasuki wilayah Kota Jakarta, bus akan melintas di jalur Transjakarta koridor 11. Pemberhentian akhir berada di Pasar Baru.

Sementara itu, untuk rute Depok, bus akan berangkat dari Terminal Depok, yang akan melintas di Jalan Margonda, Juanda, Jalan Tol Cijago, dan Jalan Tol Jagorawi. Rute Depok akan melintas di jalur transjakarta koridor 9. Pemberhentian akhir berada di Grogol.

Ada pun, untuk rute Tangerang, bus akan berangkat dari Poris Plawad dan melintas di jalur transjakarta koridor 3. Pemberhentian akhir berada di Kemayoran.

Pande memastikan, penumpang Transjabodetabek tidak akan terkena biaya tambahan bila melanjutkan perjalanan dengan transjakarta. Hal yang sama berlaku untuk penumpang transjakarta yang naik Transjabodetabek selama bus masih berada di dalam busway.

"Kalau naik dari halte Transjakarta memang ada biaya Rp 3.500 saat masuk halte. Tapi selama di dalam busway, penumpang tidak perlu membayar lagi. Dikenakan penambahan Rp 9.000 kalau sudah mulai ke luar Kota Jakarta," kata dia.

Hal yang sama dikatakan oleh Antonius NS Kosasih, Dirut PT Transjakarta , yang dikutip dari beritajakarta.com di Jakarta pada (21/8),"Yang menarik bagi para penumpang bus Transjakarta, mereka tidak dipungut biaya apapun selama masih di dalam jalur busway. Jadi cukup sekali bayar saat masuk halte saja,"

Pembukaan rute Transjabodetabek ke Bekasi, Depok, dan Tangerang merupakan kelanjutan dari layanan Transjabodetabek rute Tangerang Selatan, tepatnya dari Ciputat-Blok M yang telah beroperasi sejak Oktober 2014.

Tarif yang akan dikenakan pada layanan Transjabodetabek yang menuju Bekasi, Depok, dan Tangerang sama seperti yang dikenakan pada rute Tangerang Selatan, yakni Rp 9.000. Pembayaran akan dilakukan secara non tunai. Ke depannya, pada bus akan dipasang mesin e-ticketing. (Ant/beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home