Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 19:45 WIB | Rabu, 30 November 2016

Trump Diperkirakan Tunjuk Steven Mnuchin sebagai Menkeu AS

Steven Mnuchin, seorang mantan bankir Goldman Sachs, diperkirakan akan ditunjuk oleh Donald Trump sebagai menteri keuangan AS (Foto:NDTV)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Amerika Serikat terpilih, Donald Trump, berencana menunjuk investor dan mantan eksekutif Goldman Sachs, Steven Mnuchin, sebagai menteri keuangan.

Muchin diketahui adalah seorang ahli keuangan yang piawai tetapi tidak memiliki pengalaman di pemerintahan untuk memimpin lembaga yang bertanggung jawab atas keuangan negara.

Mnuchin (diucapkan mah-NEW-chin) bergabung dengan tim kampanye Trump pada bulan Mei sebagai kepala keuangan, meskipun fakta mengatakan dia tidak pernah bekerja di politik dan bahwa ia merupakan donatur Partai Demokrat di masa lalu.

Dia cepat mendapatkan kepercayaan Trump saat ia bekerja sama dengan Komite Nasional Partai Republik untuk menaikkan jumlah donasi dalam waktu singkat. Pada isu-isu kebijakan, ia berperan penting dalam menyusun rincian usulan Trump untuk merombak kebijakan pajak.

"Dia seorang pakar masalah keuangan," kata Stephen Moore, yang bekerja dengan Mnuchin sebagai penasihat presiden terpilih pada saat kampanye. "Dia jelas, seperti Donald Trump, memahami bahwa tujuan nomor satu pemerintahan ini adalah menumbuhkan perekonomian dan menyediakan lapangan kerja," kata dia, sebagaimana dilaporkan oleh Bloomberg.

Trump mencetak 'kemenangan' awal Selasa malam ketika produsen AC, Carrier, mengumumkan bahwa mereka akan membalikkan rencana untuk memindahkan salah satu pabriknya dari Indiana ke Meksiko. Perusahaan yang dimiliki oleh United Technologies, mengatakan sekitar 1.000 pekerjaan AS akan dipertahankan.

Berbicara keras dalam soal perdagangan selama kampanye membantu memperkuat daya tarik populis Trump. Tapi Trump justru mengisi pembantu dan para penasihat dengan orang-orang kaya. Trump diperkirakan mencalonkan industrialis miliarder Wilbur Ross untuk memimpin Departemen Perdagangan, dan miliarder Michigan Betsy DeVos sebagai menteri pendidikan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home