Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 18:23 WIB | Rabu, 30 November 2016

Pangeran Arab Saudi Serukan Perempuan Diizinkan Mengemudi

Pangeran Alwaleed bin Talal (Foto: cnbc.com)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM - Seorang pangeran Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan seruan publik agar perempuan diizinkan untuk mengemudi di jalan raya.

Ini sebuah perkembangan baru di sebuah kerajaan yang konservatif tersebut.

Pangeran Alwaleed Bin Talal melalu akun Twitter-nya dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris mengatakan, "Hentikan perdebatan. Waktunya bagi perempuan untuk mengemudi." Dalam kicauannya itu, sebagaimana disiarkan oleh New York Times, ia sertakan juga tautan ke sebuah artikel opini yang menunjukkan pertimbangan ekonomi, sosial dan agama sebagai pijakan mengusulkan perempuan diberi kebebasan mengemudi.

Walaupun pangeran, Alwaleed tidak memegang posisi resmi dalam pemerintahan Saudi. Miliarder yang memimpin perusahaan investasi berbasis di Riyadh, Kingdom Holding Company, memegang saham di beberapa perusahaan Barat, termasuk Twitter.

Arab Saudi adalah sebuah negara yang menganut interpretasi ultrakonservatif Islam. Ini adalah satu-satunya negara di dunia yang tidak memungkinkan perempuan untuk mengemudi, dan aktivis hak-hak perempuan telah ditahan karena menentang larangan tersebut.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home