Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 11:40 WIB | Jumat, 04 November 2022

Turki: Pembicaraan Ekspor Biji-bijian Ukraina Sedang Berlangsung

Rusia menyebut drone yang menyerang kapal perang di Laut Hitam, termasuk menggunakan perangkat dari Kanada.
Gandum diturunkan dari kapal kargo SV. Nikolay berlabuh di Izmir, Turki. (Foto: dok. AP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Pembicaraan sedang berlangsung dengan Rusia pada hari Minggu (30/10) dan akan berlanjut hingga Senin (31/10) mengenai status inisiatif ekspor biji-bijian Laut Hitam, kata seorang pejabat Turki.

Pejabat itu, yang tidak berwenang untuk berbicara di depan umum, mengatakan ada alasan untuk optimisme meskipun langkah Rusia pada hari Sabtu (29/10) untuk menarik diri dari kesepakatan transit aman “tanpa batas.”

Kapal keluar yang telah mencapai Istanbul sedang diperiksa, tetapi tidak ada kapal gandum baru yang akan berlayar dari Ukraina untuk saat ini, kata pejabat Turki itu.

Sebelumnya, menteri infrastruktur Ukraina mengatakan kargo gandum seberat 40.000 ton yang dibeli di bawah Program Pangan Dunia (WFP) dan menuju Ethiopia dimuat tetapi tidak dapat meninggalkan pelabuhan.

Pusat koordinasi PBB untuk inisiatif biji-bijian Laut Hitam mengatakan pada Sabtu malam bahwa mereka "mendiskusikan langkah selanjutnya setelah langkah Rusia untuk keluar dari pakta tersebut."

Rusia Analisis Drone Yang Serang Kapal di Laut Hitam

Sementara itu, kementerian pertahanan Rusia pada hari Minggu (30/10) mengatakan telah menemukan dan menganalisis puing-puing pesawat tak berawak yang digunakan untuk menyerang kapal Armada Laut Hitam Rusia di Krimea sehari sebelumnya, menemukan bahwa pesawat tak berawak itu dilengkapi dengan navigasi buatan Kanada.

Kementerian mengatakan Ukraina menyerang Armada Laut Hitam di dekat Sevastopol dengan 16 pesawat tak berawak pada hari Sabtu pagi, dan bahwa "spesialis" angkatan laut Inggris telah membantu mengoordinasikan apa yang disebutnya serangan teroris, klaim yang dibantah Inggris.

Rusia mengatakan telah menangkis serangan itu dan kapal-kapal yang ditargetkan terlibat dalam memastikan koridor gandum keluar dari pelabuhan Laut Hitam Ukraina.

Pejabat Ukraina telah menyebutkan bahwa Rusia sendiri mungkin bertanggung jawab atas ledakan, yang telah digunakan sebagai dalih untuk menarik diri dari kesepakatan biji-bijian yang ditengahi PBB, sebuah langkah yang merusak upaya untuk meredakan krisis pangan global. Reuters tidak segera dapat memverifikasi klaim kedua belah pihak.

“Menurut hasil informasi yang diperoleh dari memori penerima navigasi, ditetapkan bahwa peluncuran drone maritim dilakukan dari pantai dekat kota Odesa,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan bahwa drone telah bergerak di sepanjang zona keamanan "koridor gandum", sebelum mengubah arah menuju pangkalan angkatan laut Rusia di Sevastopol, kota terbesar di semenanjung Krimea yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada tahun 2014.

Kementerian mengatakan salah satu drone maritim tampaknya telah dimulai dari dalam zona keamanan koridor gandum itu sendiri.

“Ini mungkin mengindikasikan peluncuran awal perangkat ini dari salah satu kapal sipil yang disewa oleh Kiev atau pelanggan Baratnya untuk ekspor produk pertanian dari pelabuhan Ukraina,” kata kementerian pertahanan. (Bloomberg/Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home